Kebijakan Umum dan Plafon APBD 2019 Disepakati

97 views

Ilustrasi

KABARRAKYAT.ID – Kebijakan Umum Anggaran (KUA)  Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Banyuwangi tahun 2019 disepakati Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Pemkab Banyuwangi.

Sebelumnya, pembahasan sempat tertunda setelah dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 telah diserahkan oleh eksekutif.

Selasa (14/8/2018), berlangsung rapat Banggar di ruang utama DPRD Banyuwangi. Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD,  H.M Joni Subagio. SH. MH,  dan dihadiri Sekretaris Daerah, Drs. Djadjad Sudrajad. M. Si beserta jajarannya.

Dikatakan Abah Joni, sapaan akrab Wakil Ketua DPRD menyampaikan, setelah dokumen RKPD 2019 diserahkan oleh eksekutif.  Banggar langsung melakukan pembahasan awal isi dokumen tersebut. Sebelumnya Banngar telah mempelajari Kebijakan Umum Anggaran yang disampaikan oleh Bupati Banyuwangi beberapa pekan yang lalu.

Baca juga:

” Banggar masih melakukan pembahasan awal RKPD 2019 hingga besok siang, selanjutnya akan ada kesepakatan-kesepakatan dalam bentuk finalisasi pembahasan, ” ucap H. Joni Subagio saat dikonfirmasi Kabar Rakyat,  Selasa (14/08/2018).

Sementara Sekretaris Daerah, Djadjad Sudrajat dikonfirmasi terpisah mengatakan, pembahasan KUA-PPAS APBD tahun 2019, antara Banggar dan TAPD berjalan lancar dan cukup dinamis.

” Secara normatif pembahasan KUA-PPAS berjalan lancar dan tidak ada masalah,  ” ucap Djadjad Sudrajad.

Dalam rapat, Banggar berharap pembahasan KUA-PPAS APBD Banyuwangi tahun 2019, disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD)

” Penekanannya di program-program yang ada di RPJMD, RPJP dan kebijakan nasional yang di breakdown di daerah, hal itu memang harus kita lakukan dan semua sudah memahami,  ” ucapnya.

KUA-PPAS disusun berdasarkan RKPD hasil dari Musyawarah rencana pembangunan daerah (Musrenbangda). Selanjutnya hasil pembahasan ini merupakan kesepakatan bersama sebagai dasar Pemerintah Daerah dalam menyusun RAPBD kab.  Banyuwangi tahun 2019.

Dalam KUA-PPAS, pendapatan daerah tahun 2019 diproyeksikan sebesar Rp.  2,1 triliun, turun 28,58 persen dibandingkan dengan target tahun 2018 sebesar Rp.  2,9 triliun.

Sedangkan belanja daerah tahun 2019, diproyeksikan sebesar Rp.  2,14 triliun.

Reporter: Hariyadi

Editot: Coi/Choiri

#APBD Banyuwangi #Banggar #DPRD Banyuwangi

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply