Keluarga Manggarai di Ende dan Maumere Menari Caci

113 views
banner 468x60)

Foto: Tarian Caci

KABARRAKYAT.ID –  Ikatan Keluarga Manggarai (IKM) Ende dan Ikatan Keluarga Manggarai (IKM) Maumere Sabtu 27/10 menggelar Tarian Caci di Lapangan Syuradikara Ende.

Kepada Wartawan Ketua IKM Ende Jon Ire menjelaskan Pagelaran Tarian caci di Ende di lakukan setelah beberapa bulan lalu Mahasiswa Asal Manggarai di Ende bersama IKM Ende mengunjungi IKM Maumere.

Ini merupakan kegiatan kunjungan balasan yang di lakukan oleh IKM Maumere ke Ende karena kami sudah berkunjung kesana Jelas Jon Ire.

Kegiatan Pagelaran Tarian caci juga di lakukan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda dimana generasi Muda yang merupakan pewaris budaya perlu mengenal Budayanya sendiri.

Selain itu kata Jon Ire sebagai Orang Manggarai yang ada di Ende kami memiliki Kerinduan akan Budaya Tarian Caci yang jarang sekali di saksikan oleh kami yang lahir dan besar di Ende.

Kalau kita tidak memperkenalkan Budaya dari sekarang kami kuatir anak-anak orang Manggarai yang lahir di Ende tidak mengenal lagi kata Jon Ire.

Keluarga Manggarai

Keluarga Manggarai di Ende dan Maumere bertemu menggelar tarian Caci

Dalam Tarian Caci terkandung banyak Makna Kesenian antara lain Seni Tari, seni suara dimana setelah beratraksi penari langsung menyanyi, seni Tata Busana dimana Penari menggunakan Pakian Adat dengan begitu banyak ornamen adat, seni Sastra dan seni ketangkasan.

Dirinya berharap kedepan Pagelaran Tarian Caci bukan hanya sebagai kegiatan insidentil melainkan di jadwalkan secara baik dan juga bagi Etnis lain yang ada di Ende bisa menggelar hal yang sama sebagai bentuk Kontribusi bagi Pariwisata Kabupaten Ende.

Sementara Bupati Ende Ir.Marselinus Y.W Petu dalam sambutan yang di bacakan oleh Asisten 1 Setda Ende Kornelis Wara mengatakan dengan adanya perkembangan Jaman dan Globalisasi harus di akui bahwa Budaya seperti Tarian Caci mulai tergerus keberadaannya.

Dirinya memberikan apresiasi kepada IKM Ende yang dengan caranya berupaya menggelar Tarian caxi sebagai upaya melestarikan Budaya yang di wariskan leluhur.

 

Lanjut Petu Harus di akui bahwa Tari Tradisional seperti Tarian Caci banyak mengandung nilai dan konsep kebudayaan yang terbentuk sejak Puluhan bahkam Ratusan tahun.

Dirinya bersama Wakil Bupati Ende berharap Kedepan pagelaran Tarian Caci di kemas lebih baik karena selain sebagai ajang Hiburan juga sebagai Sarana promosi Pariwisata bagi masyaralat luas.

Reporter : Dedi Wolo

Editor : Setiawan

banner 468x60)

#Ende #Keluarga Manggarai #Maumere

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply