Kemenag Sampang Belum Terapkan Pengantin Baru di Tes Urine

  • Whatsapp
Kepala Kemenag Sampang
Kepala Kemenag Sampang, H. Paidi.

KabarRakyat.ID – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, Madura, JawaTimur. Belum bisa menerapkan aturan tentang tes urine kepada masyarakat Sampang yang hendak mau menikah.

Padahal aturan tes urine yang dikeluarkan oleh Kantor wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Timur yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur. Sudah di Sahkan pada Bulan Agustus 2019, lalu.

Read More

Mengenai hal itu Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, H. Pardi mengatakan  bahwa Sampang belum termasuk Daerah yang mendapatkan kewajiban untuk failed project jadi kerjasama antara Kanwil Kemenag Jawa Timur dan BNNP Jawa Timur dilandaskan Kepada Kabupaten/Kota yang sudah ada Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) nya.

“Sementara di Madura di katakan Sampang belum punya BNNK. Karena dari itu belum bisa diterapkan di Sampang,” katanya.kepada.Kabar rakyat (13/1/2020).

Pardi menerangkan untuk wilayah Jawa Timur dari 38 Kabupaten/Kota hanya ada 17 daerah yang menerapkan aturan tes urine kepada calon pengantin karena 17 tersebut memang ada BNNKnya.

“Itupun bagi yang sudah punya BNNK hanya Failed Project Satu KUA saja,” terangnya.

Selain itu Pardi menambahkan hal itu masih dalam tahap uji coba jadi kalo Kabupaten/Kota sudah punya BNNK maka akan dilaksanakan dan itu hanya Satu KUA saja Satu Kecamatan.

Baca juga:

“Misalnya di Sampang  ada BNNK maka satu dulu tidak empat belas kecamatan di isi tapi satu dulu,” ucapanya.

Pardi menyambut positif dengan aturan tersebut karena dari sisi kegunaanya untuk meminimalisir dan pencegahan penggunaan Narkoba di masyarakat.

“Cuman teknisnya saja yang ditakutkan oleh masyarakat misalnya lebih mahal, lebih ribet,” imbuhnya.

“Jadi untuk wilayah Sampang masih belum karena belum adanya BNNK, Karena mempunyai kewenangan tes urine itu hanya pihak BNNK dan kesehatan sementara kerjasama dengan rumah sakit belum ada,” pungkasnya.

Foto: Jamaluddin

Editor: Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *