Kemenpar Gelar Aksi Sapta Pesona di Koanara Ende

  • Whatsapp
Sapta Pesona Wisata Ende
Sapta Pesona Wisata Ende

Rangkaian kegiatan Kementrian Pariwisata di Ende, NTT

KABARRAKYAT.ID – Upaya untuk meningkatkan jumlah kujungan Wisatawan ke Kabupaten Ende  diterus dilakukan, salah satunya adalah bersama-sama dengan Kementrian Pariwisata RI, Jum’at (14/9), bertempat di Desa Koanara Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende, Dinas Pariwisata melakukan Aksi Sapta Pesona dalam  Rangka Gerakan sadar Wisata dengan membersihkan Sampah di sekitar pasar dan perkampungan Desa Koanara.

Hadir sebagai Peserta pada acara  Aksi Sapta Pesona tersebut adalah Masyarakat dari Kecamatan Kelimutu, Pelaku Wisata dan juga dari Badan Lingkungan Hidup dan staf Dinas Pariwisata.

Bacaan Lainnya

Kepala Sub Bidang Sadar Wisata Kementrian Pariwisata RI Arum Damarintyas mengatakan untuk bisa menarik wisatawan, setiap lokasi wisata harus memiliki sapta pesona.

Baca juga:

Ada tujuh unsur yang membuat wisatawan nyaman saat berkunjung. Unsur tersebut adalah aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan punya kenangan.

“Jika objek wisata memiliki semua unsur Sapta Pesona wisatawan akan ramai dan mereka akan kembali lagi,” ujarnya.

Sekretaris Bank Sampah Indonesia Wildayanti mengatakan masalah sampah saat ini harus diatasi lebih intensif Karena di isu wisata saat ini masalah sampah menjadi problem utama kurangnya kunjungan Wisatawan.

Apresiasi dari Bank Sampah RI di berikan kepada Kementrian Pariwisata karena sudah ikut ambil bagian dalam mengantisipasi  dan ambil bagian  terhadap persoalan Sampah di dareah wisata.

Untuk tidak menyimpan Bom waktu karena tumpukan   sampah di Tempat Pembungam Akir ( TPA) maka target yang harus di lakukan  adalah pengurangan sampah di sumber.

Dari rumah tangga sampah mulai di kurangi, di atasi dan di daur ulang dan dari gerakan ini maka kita berharap mulai dari sumber sampah sudah di pisahkan.

Kedepan Bank Sampah berkolaborasi dengan Badan Lingkungan Hidup untuk membuat sebuah gerakan yang namanya satu desa satu bank sampah dan juga membentuk kelompok pengolahan Sampah.

Dengan memilahkan sampah dari sumber maka dengan adanya Bank Sampah maka masyarakat akan mendapatkan pengasilan,kesadaran untuk hidup bersih akan tumpuh dan juga bisa meningkatkan ekonomi Masyarakat.

Sementara Camat Kelimitu Ignas Gharu mangatakan dengan adanya gerakan aksi sapta pesona maka pemerinta ingin membangkitkan kembali sengat masyarakat untuk hidup bersih dan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Di jelaskan Igmas untuk Kecamatan kelimutu saat ini sudah ada Kelompok Sampah Man namun belum optimal.

Dirinya berencana kedepan akan memotifasi generasi muda untuk terus bangkit dan peduli dengan sampah karena Kecamatan Kelimutu adalah Kecamatan yang mempunyai Destinasi Wisata berupa Danau Kelimutu.

Reporter: Dedi Wolo

Editor: Suwongko

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *