Selasa, November 24, 2020
Beranda BERITA Kementerian ESDM Bangun Sarana Air Bersih di Lereng Gunung Klotok

Kementerian ESDM Bangun Sarana Air Bersih di Lereng Gunung Klotok

REPORTERMuajijin/Jin

KABAR RAKYAT – Kementerian ESDM RI melalui Pemkot Kediri kucurkan dana untuk pembangunan sarana air bersih untuk pemukiman warga di lereng Gunung Klotok, tepat di dusun Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok, Rabu (4/11/2020).

Dana pembangunan dari bantuan Pusat Air Tanah Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi Kementerian ESDM tersebut, berupa sebuah sumur bor dengan kedalaman 120-125 meter.

“Bantuan dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih di wilayah Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok diharap berfungsi maksimal untuk masyarakat. Karena di sini saat musim kemarau kesulitan air bersih. Masih satu buah sumur bor dengan kedalaman 120m-125m,” kata Zachrie Ahmad, Kepala Bagian Perekonomian Kota Kediri.

Baca : Pulang Rumah, Pasien Sembuh Covid-19 Nyaris Ditolak Warga

Sumur bor ini, kata Zachrie, sedang di bangun tepat samping Puskesmas Pembantu Kelurahan Pojok, berdekatan lokasi dengan permukiman penduduk. Harapannya, air sumur bor mampu suplai kebutuhan.

“Harapannya bisa menyuplai 5 RT di sekitar sumur, tapi kita lihat nanti besarnya air,” kata Edi Lukito, Ketua RT 24/RW 05, tempat sumur dibangun.

Pembangunan sumur bor air bersih dari Kementerian ESDM lewat Pemkot Kediri. ft. Ist/Jin

Menurut Lukito, warga Lebak Tumpang mengakui benar memang kerap kali kesulitan air bersih. Kini air berasal dari Sumber Tretes, mata air yang cukup besar untuk dibendung dan dialirkan ke rumah-rumah warga.

Baca : Honda PCX Club Indonesia HUT Ke-9 Perayaan Penuh Keseruan

Bila musim hujan, tambah Edi, airnya keruh. Pada musim kemarau cukup jernih, hanya air terbatas.

“Untuk masak dan minum, warga membeli air bersih galon. Kalau untuk mandi pakai air sumber. Air keruh, yang tidak biasa tak tega,” tambah Edi.

Harapan warga, air sumur bor bantuan Kementrian ESDM RI bisa supla air bersih sepanjang waktu. Senada diungkapkan Siti Fatimah, warga Lebak Tumpang, berharap pembanguna sumur bor selesai.

Baca : Kuliner Klepon Wonosari Bertahan Hadapi Pandemi

“Selain air dari sumber, ada beberapa yang punya sumur timba. Dalamnya di atas 30m. Itu pun sering kering kalau kemarau,” kata Siti.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca