Jumat, November 27, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Kenali Batas Batas KKOP, Larangan Bermain Layangan

Kenali Batas Batas KKOP, Larangan Bermain Layangan

REPORTERFendi/*

KABAR RAKYAT – Bermain layang-layang memang suatu hal yang menyenangkan. Akan tetapi, jika permainan itu dilakukan di area yang berbahaya, justru akan merugikan orang lain. Seperti di area bandara, dan dikawasan yang banyak saluran listrik misalnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), layang-layang adalah mainan yang terbuat dari kertas, berkerangka yang diterbangkan ke udara dengan memakai tali atau benang.

Bermain layang-layang tentu membutuhkan tempat yang lapang, aman, dan tidak merugikan orang lain. Selain lapangan, pantai dan area persawahan merupakan tempat yang pas untuk bermain layang-layang.

Baca : Bawaslu Distribusikan APD ke Pengawas Kecamatan dan Desa

Namun, untuk sejumlah area tersebut, yang masuk dalam titik koordinat Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP), merupakan wilayah yang masuk dalam kategori larangan untuk menerbangkan layang-layang.

Sesuai pernyataan tertulis yang disampaikan oleh Cin Asmoro Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Banyuwangi, melalui Devisi Keselamatan PT. Angkasa Pura II (Persero) Edy menyatakan, ada enam perbedaan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) terdiri :
a. KawasanAncanganPendaratandanLepasLandas
b. KawasanKemungkinanBahayaKecelakaan
c. Kawasan di BawahPermukaanTransisi
d. Kawasan di BawahPermukaan Horizontal Dalam
e. Kawasan di BawahPermukaanKerucut
f. Kawasan di BawahPermukaan Horizontal Luar

“Yang menjadi cakupan paling luas dari uraian Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) adalah Kawasan Dibawah Permukaan Horizontal Luar,” jelasnya.

Baca : East Java Fashion Harmony, Menikmati Batik Berlatarkan Selat Bali

Sementara itu, pihak PT Angkasa Pura II (Persero) Banyuwangi juga menyampaikan keterangan, mengenai sejumlah kawasan yang masuk dalam larangan untuk menerbangkan layang-layang, dan batas-batas daerahnya sebagai berikut :

  • BARAT – Radius dari Bandar Udara Internasional Banyuwangi sd Wilayah Kecamatan Srono.
  • TIMUR – Radius dariBandar Udara Internasional Banyuwangi sd Wilayah Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali.
  • SELATAN Radius dari Bandar Udara Internasional Banyuwangi sd Wilayah Kecamatan Muncar.
  • UTARA Radius dari Bandar Udara Internasional Banyuwangi sd Wilayah Kecamatan Giri.

penerbangan peta

Untuk larangan yang dimaksud, adalah sesuai dengan aturan yang tertuang pada Undang-Undang No. 1 Tahun 2019 tentang Penerbangan.

Dalam pasal 210 UU tersebut, disebutkan bahwa setiap orang dilarang untuk membuat halangan atau (obstacle) dan melakukan kegiatan lain di kawasan keselamatan operasi penerbangan yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Baca : Teguh Hariyanto : Tips Parkir Motor Agar Aman

Lalu, sesuai pasal 421, bagi pelanggar dapat dikenakan pidana kurungan selama 3 tahun atau denda sebesar Rp. 1 miliar.

Sementara ada tiga alasan, mengapa bermain layang-layang menjadi larangan di KKOP, yaitu dapat merusak baling-baling pesawat, mengganggu kinerja mesin pesawat terbang, dan mengganggu konsentrasi pilot saat take-off dan landing.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca