Kepala Desa se Bondowoso Harus Lunas PBB

83 views
banner 468x60)
Wabup Bondowoso Irwan

Foto: Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (Ifa)

Wabup Irwan: Siap-Siap Kades Tak Dapat Rekom Jika Mencalonkan Lagi Jika PBB Tak Lunas

KABARRAKYAT.ID – Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat mengingatkan agar semua kepala desa se Bondowoso harus lunas pajak bumi bangunan (PBB). Ia menegaskan, tak akan memberikan rekomendasi bagi kepala desa yang ingin mencalonkan lagi, jika PBB-nya tidak lunas.

“Siapapun bagi kades yang sekarang masih aktif, dan pajaknya, utamanya PBB tidak lunas, siap-siap untuk tidak diberikan rekomendasi untuk mencalonkan kembali periode kades selanjutnya,” katanya, Senin (25/3/2019).

Hal itu, disampaikannya saat melakukan kunjungan ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskna bahwa PBB yang belum dibayarkan oleh wajib pajak pada 2018, akan tetap jadi piutang.

“Kita akan melakukan suatu proses verifikasi lapangan. Apakah memang wajib pajak yang tidak bayar atau ada oknum yang ngemplang pajak. Baik oknum di desa, di kecamatan atau oknum di kabupaten, ini akan kita pelajari,” jelasnya.

Sementara penarikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2018 hanya mencapai sekitar 71,28 persen dari total target Rp 15,5 milliar.  Disebutkan bahwa dari jumlah tersebut masih belum dibayar oleh wajib pajak sekitar Rp 4,3 milliar.

Endang Hardiyanti, Kepala Bapenda Bondowoso, menjelaskan bahwa belum 100 persennya capaian PBB ini dikarenakan adanya kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang tentu telah melalui kajian.

“Memang ada undang-undang bahwa tiga tahun pemerintah daerah itu dapat melakukan penyesuaian. Karena ternyata harga NJOP itu dengan harga pasar, jauh kesenjangannya,” paparnya.

Selain itu, tidak adanya bonus lagi bagi penarik pajak, yakni perangkat desa, juga menjadi penyebab terhambatnya pelunasan PBB.

Oleh karena itulah, lanjut Endang, strategi ke depan yakni pemberian reward yang berbasis kinerja.

“Namun demikian, kami masih akan melakukan kajian terlebih dahulu terkait rencana tersebut,” akunya.

Maka untuk, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, ke depan wajib pajak juga akan diusahakan terkoneksi dengan Bapenda, sehingga bisa diverifikasi.

Reporter : ifa

Editor : Rony DE

banner 468x60)

#Bonowoso Maju #PBB #Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply