Kepala Lembaga Pemasyarakat Curhat Soal Hunian

175 views

Kepala Lapas Kelas II.B Banyuwangi dampingi Bupati Azwar Anas saat wawancara media (Ft. Roh)

KABARRAKYAT.ID, BANYUWANGI – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II.B Banyuwangi, Ketut Akbar Herry Achjar, Bc.IP, SH, MH, ungkapkan isi hati tentang kondisi hunian untuk warga binaan yang mengalami over kapasitas. Ungkapan itu kembali disampaikan dalam upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 Tahun 2018, yang digelar dalam lingkungan Lapas Banyuwangi, Jum’at (27/4/2018).

“Lembaga pemasyarakatan ini, butuh pelebaran,” ungkap Akbar dihadapan tamu undangan.

Dampak over kapasitas tersebut, kata Akbar, dapat mengakibatkan pelayanan terhadap penghuni lapas tidak bisa berjalan secara maksimal. Belum lagi potensi rawan tindakan kriminal karena kurang maksimalnya pengawasan petugas Lapas sendiri. Namun demikian, Akbat optimis, bisa tetap menjaga kondisi aman dan kondusif selama di dalam lapas. Satu diantaranya, warga binaan diberikan kegiatan yang mengedepankan kreatifitas selama di Lapas.

Kalapas Upacara

Warga Binaan Lapas Banyuwangi ikut upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 Tahun 2018 (Ft. Roh)

Baca juga :

“Jika belum ada tanah hibah atas nama Lapas nantinya. Saya berharap ada pembangunan Lapas akan ditinggkat,” ungkapnya.

Sekedar tahu, hampir semua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia mengalami over kapasitas, satu diantara dialami Lapas Kelas II.B, Banyuwangi. Idealnya untuk 260 orang napi, faktanya telah dihuni 949 orang napi.

Usai sholat Jum’at di Lapas kelas II.B Banyuwangi, Bupati Azwar Anas menyempatkan meninjau kondisi bangunan Lapas setempat. Disela itu, Bupati menyampaikan, soal over kapasitas di Lapas Banyuwangi merupakan tema lama. Tapi semua itu ada keterbatasan, selain soal lahan dan pembiayaan pemerintah daerah sendiri tidak bisa membangun secara fisik.

Kemudian tentang bangunan Lapas ditingkat keatas, menurut Anaz, merupakan ide yang tepat dan cepat tidak perlu ada pemindahan aset. Tinggal menunggu dari pusat saja bisa mengganggarkan. Walaupun ada wacana Lapas baru akan dibangun, Anas mengharapkan di Banyuwangi sebelah barat, disisi lain suasana yang dingin dan kebutuhan air terpenuhi, sehingga penghuni Lapas bisa mendapatkan binaan lebih nyaman.

Reporter : Rohman

Editor : Suwongko

Banner PDI







Loading...

#Lapas Banyuwangi #Over Hunian #Warga Binaan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply