Kepul Asap Bikin Geger di Pertemuan Mahasiswa Taiwan

Seorang mahasiswa Taiwan ikut membantu memadamkan api (ft. Yons)

KABARRAKYAT.ID – Puluhan mahasiswa asal Unversitas Tech Taiwan, Unversitas Khatolik Didya Mandala, Surabaya dan Universitas Jember (Unej) bikin geger saat menggelar pelatihan untuk masyarakat Desa Curah Cottok Kecamatan Kapongan, Situbondo, Jawa Timur gempar, keluar ruangan karena mendadak ada kepulan asap akibat kebakaran lahan, didekat lokasi kegaiatan.

Petugas kepolisian, masyarakat sekitar dan puhan mahasiswa langsung spontan memadamkan api dengan cara manual dan menyemprotkan air yang sedianya dibuat praktek pelatihan.

Semula puluhan mahasiswa asal Taiwan dan Widya Mandala, Surabaya, memberikan materi, pelatihan cara menyaring air bersih, dilokasi tandus dan sulit air, dengan tehnologi canggih yang diberikan secara cuma-cuma bagi masyarakat.

Kebakaran (1)

Warga ikut membantu memadamkan api dilahan sekitar pertemuan

Namum acara masih berlangsung, asap mengepul dari lahan yang hanya berjarak sepuluh meter, diatas bukit Curah Cottok serta api yang dengan cepat merambat, akibat angin kencang.

Tak diketahui asal bermua api menyala, namun jelas api merambat keatas perbukitan mendekati lokasi kegaiatan dan diduga kebakatan lahan yang terdapat tanaman jati masih usia muda ini dengaja dibakar orang tak bertanggung jawab.

Dengan alat seadanya, menggunakan ranting daun basah dan selang air bersih yang sedianya untuk materi pelatihan digunakan untuk membasahi lahan agar api, tak terus merambat kelokasi tenda kegiatan.

Jean, salah satu mahasiswi, asal Unversitas Tech Taiwan, mengaku sangat kaget dan baru kali ini dirinya memadamkan api, bahkan sebelumnya dia tak pernah mengalami dan melihat secara dekat kebakatan hutan dan lahan.

Reporter: Yons

Editor: Coi/Choiri

banner 970x90









Loading...

#Masiswa #Taiwan #Unej #Widya Mandala

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 800x600)

    Tinggalkan pesan