Sunday, October 25, 2020
Home NASIONAL PERTAHANAN Kesyahbandaran Panarukan Miliki Alat Canggih Sistem Identifikasi Otomatis

Kesyahbandaran Panarukan Miliki Alat Canggih Sistem Identifikasi Otomatis

REPORTERYons
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Sistem Identifikasi Otomatis atau Automatic Identification System (AIS), milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo dapat memantau pergerakan pelayaran yang ada di sepanjang perairan Situbondo, Jawa Timur juga diselat madura.

Sistem pantau dengan CCTV ini guna meningkatkan keselamatan pelayaran serta dapat mendeteksi semua pergerakan kapal-kapal masuk atau keluar menuju pelabuhan Kalbut Panarukan dan Jangkar serta kapal yang hanya melintas di Perairan Situbondo.

Kapten Miftahul Hadi, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Panarukan

Terlihat alat transportasi beberapa jenis kapal seperti kapal tongkang, kapal gas elpiji dengan tujuan pelabuhan Kalbut Panarukan dan Jangkar termasuk adanya kapal penumpang.

Baca: Heboh, Jenglot Ditangkap Warga Licin Banyuwangi

Semuanya terdeteksi baik kecepatan nama kapal tujuan dan dari mana yang berada di perairan Situbondo, Jawa Timur termasuk di Selat Madura.

Dijelaskan, Kapten Miftahul Hadi, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Panarukan, bahwa sistem ini guna meningkatkan keselamatan pelayaran baik adanya laka laut juga adanya kapal melintas yang mencurigakan pun juga terpantau jelas.

Selain dapat mendeteksi kecepatannama kapal serta tujuan kapal dengan sistem ini nantinya juga dapat untuk memantu penyelidikan jika adanya laka laut.

Baca: Senyum Si Sakit, Inovasi Percepat Antrean Layanan Kesehatan Puskesmas

“Dengan adanya sistem ini pihak otoritas pelabuhan lebih dini untuk mendeteksi yang terpantau di layar monitor yang ada di kantor KSOP Kelas IV Panarukan memudahkan pihak keamanan laut untuk mengejar kapal-kapal yang bermasalah,” jelas Kapten Miftahul Hadi, Rabu (19/8).

Setidaknya lalulintas kapal-kapal seperti tongkang kapal Pertamina maupun kapal asing yang labuh jangkar setidaknya juga dapat mendeteksi jumlah kapal yang ada.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca