Friday, October 30, 2020
Home JATIM BONDOWOSO Ketua DPRD Bondowoso : KUA-PPAS 2021 Melenceng dari RPJMD

Ketua DPRD Bondowoso : KUA-PPAS 2021 Melenceng dari RPJMD

REPORTERIfa Bahsa
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Ketua DPRD Bondowoso, Ahmad Dhafir, menyebut jika secara umum KUA-PPAS yang diajukan eksekutif sebagai acuan APBD 2021 telah keluar dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (PJMD). Menurutnya, terdapat kesalahan-kesalahan di dalamnya.

“Banyak dari rencana kerja tidak sesuai dengan RPJMD,” ungkap Ahmad Dhafir di gedung DPRD, Jumat (14/8/2020).

Pertama, KUA-PPAS yang disodorkan masih mengacu kepada Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) lama, tidak selaras dengan Permendagri 90 Tahun 2019.

Baca: INGAT, Gubernur Khofifah Gratiskan Paket Sembako 75 Pembeli Pertama Lumbung Pangan Jatim Selama 17 Hari

Seharusnya, Berdasarkan PP No 18 Tahun 2016 sebagaimana telah diubah dengan PP No 72 Tahun 2019 harus dilakukan perubahan kelembagaan. Dengan begitu, anggaran yang dicanangkan sesuai dengan rencana kelembagaan yang baru.

“Nanti Dinas lingkungan hidup akan berdiri sendiri. Pisah dari perhubungan. Jika kemudian dipaksa ditetapkan maka dana tidak lantas bisa digeser begitu,” jelas Ahmad Dhafir.

DPRD meminta kepada Sekretaris Daerah dan jajarannya untuk cepat melakukan penataan kelembagaan baru. Jika tidak, maka di tahun 2021 nanti akan banyak anggaran yang tidak dapat diserap. Secara Otomatis akan berdampak terhadap jalannya pemerintahan Bupati Salwa stagnan.

Baca: Tak Butuh Waktu Lama Polsek Kuripan Ungkap Mayat Mr.X Asal Sukapura

“Eksekutif harus segera melakukan penataan sesuai dengan PP 18 Tahun 2016,” harap Dhafir.

Selain itu, Ahmad Dhafir menegaskan jika selama ini rencana kerja pemerintahan Salwa Arifin-Irwan Bachtiar dinilai tidak selaras dengan Visi-Misi yang dibawa.

Misal dalam mewujudkan misi membangun Bondowoso dari pinggiran. Ketua DPC PKB itu mempertanyakan, yang dimaksud membangun dari pinggiran selama ini diwujudkan dalam bentuk apa. “Pinggir sebelah mana?,” Tanya Dhafir.

Ahmad Dhafir ingin agar APBD 2021 sesuai dengan target capaian kinerja. Yakni dimana kondisi pembangunan di masing-masing OPD berjalan selaras dengan rencana pembangunan yang ditargetkan.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca