Jumat, Januari 22, 2021
Beranda JATIM LUMAJANG Khawatir Lahar Panas Susulan, Warga Curah Kobokan Mengungsi

Khawatir Lahar Panas Susulan, Warga Curah Kobokan Mengungsi

REPORTERUlum Subekti

KABAR RAKYAT – Khawatir lahar panas susulan dari gunung Semeru, seperti terjadi hari Selasa (1/12) kemarin. Warga yang masih tinggal di lereng turun datangi Pos Pengungsian yang disiapkan BPBD Lumajang dan Pemprov Jatim di tempat aman.

Pengungsi yang baru datang, oleh petugas BPBD diarahkan di Lapangan Kamar Kajang Candipuro. Mereka mengaku datang dari wilayah Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo.

Setyawan Purnomo ST, Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Lumajang yang ditemui media ini mengatakan, membenarkan para pengungsi terus berdatangan. Terlebih cuaca di atas lereng gunung cukup ekstrim hujan deras.

Berikutnya, hari Rabu (02/12) jam 12.50 wib, pos pantau dan pos pengungsi terus terkoneksi mengabarkan situasi terbaru kawasan Curah Kobokan, apakah seluruh warga masih ada yang bertahan.

Terlebih cuaca hujan deras dari atas lereng gunung akan mengakibatkan lahar dingin mengalir ke bawah.

“Saat ini regu penyelamat dan relawan terus pantau kawasan Curah Kobokan. Terbaru sekira jam 13.25 wib terekam getaran banjir, meski berangsur surut,” kata Setyawan, Rabu (02/12).

Seluruh petugas BPBD relawan dan Dinas Sosial segera melakukan rapat kordinasi dan tindak lanjut penekanan tugas fungsi masing-masing potensi, bertempat di Tenda Posko Kamar Kajang Candipuro Lumajang.

Pantauan media ini dilokasi pengungsian, bantuan dari terus mengalir dari elemen masyarakat lumajang maupun dari luar kota Lumajang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca