Friday, October 30, 2020
Home JATIM Khofifah Distribusikan 36 Ventilator Untuk RS Rujukan Covid-19 Dan Hibah...

Khofifah Distribusikan 36 Ventilator Untuk RS Rujukan Covid-19 Dan Hibah Jatim PUSPA di Kawasan Tapal Kuda Jatim

- Advertisement -

Keseimbangan Ekonomi dan Kesehatan Harus

KABAR RAKYAT – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali mendistribusikan bantuan alat ventilator ke sejumlah rumah sakit rujukan covid-19, Senin (21/9/2020). Hari ini, giliran rumah sakit di daerah tapal kuda yang mendapatkan jatah bantuan alat bantu pernafasan ventilator.

Tujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Total ada sebanyak 36 alat ventilator yang dibagikan pada 19 rumah sakit rujukan covid-19.

Penyerahan itu dilakukan langsung oleh Gubernur Khofifah di Pendopo Kabupaten Probolinggo. Saat menyerahkan bantuan alat ventilator tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa upaya membagikan alat bantu ini ditujukan bagi rumah sakit rujukan yang masih membutuhkan alat ventilator.

Pasalnya ada sebanyak 210 unit alat ventilator yang akan dibagikan Pemprov Jatim. Alat-alat itu merupakan bantuan dari USAID melalui Kementerian Keesehatan. Yang diberikan sebagai upaya untuk menurunkan angka kematian kasus covid-19 di Jatim dan untuk meningkatkan angka kesembuhan.

“Jatim dapat bantuan 210 unit ventilator. Kemudian kita menyampaikan informasi ini ke 127 rumah sakit rujukan di Jatim. Lalu 102 di antaranya mengajukan ventilator dan yang kami bagi saat ini hingga tinggal Kota dan Kabupaten Kediri,” papar Gubernur Khofifah.

Gubernur perempuan pertama Jatim yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU ini menjelaskan meski ventilator kini aktif dibagikan sebagai penguatan layanan kuratif, namun yang terpenting atau hulu dari penanganan covid-19 sebenarnya adalah upaya preventifnya.

Upaya preventif yang dimaksud adalah upaya pencegahan paparan covid-19. Yang dilakukan dengan tetap bermasker, menjaga jarak dan mencegah kerumunan.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca