Kiat Pengepul Buah Naga, Agar Petani Bertahan

  • Whatsapp
Pengepul Buah Naga
Foto: Pengepul buah naga UD. Falen Buah, Cluring Banyuwangi

KABARRAKYAT.ID –  Harga jual buah naga di konsumen naik. Seiring harga beli dari pedagang ke petani pelan-pelan akan naik. Kabarrakyat.id, mencoba konfirmasi pada pengepul buah. Salah satunya, pedagang lokal UD Falen Buah, yang beralamat di Dusun Krajan Desa Sembulung, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

Fiki, pedagang buah UD Falen Buah, mengatakan selama sepekan memang harga pasaran buah naga anjlok drastis. Dengan harga anjlok di pasaran para  pedagang saat itu tidak berani beli buah naga terlalu mahal.

Bacaan Lainnya

Karena pedagang, lanjut Fiki, yang jelas mengikuti harga pasaran. Alasannya harga buah naga di pasaran tidak menentu.

“Harga buah naga terlihat sudah mulai merangkak naik yang ada wilayah Kabupaten Banyuwangi,” kata Fiki, Minggu (17/2/2019).

Memang awal  bulan kemarin  beli buah naga ke petani persatu kilogram hanya Rp. 2.500 itu pun yang kwalitas Buah naga bagus.

UD Falen Buah, ungkapnya, sudah berani beli buah naga milik petani dengan kenaikan golongan A dengan harga Rp. 3.000 satu perkilo garam.

Dengan harga buah naga golongan B sudah naik Rp. 1.500 per satu kilogram dan galongan buah naga C juga naik  harga Rp. 750 rupiah dan yang BS hanya harga Rp. 200 rupiah satu kilogram.

“Jadi buah naga mulai golongan A,B,C dan BS tetap kami beli semua, semua kasian sama petani,” ungkap Fiki.

“Sedangkan beli harga buah naga golongan A ke petani dengan harga Rp. 3. 000, kami jual lagi ke pasaran kota jember Dengan harga Rp. 3.500 satu kilogram,” pungkasnya.

Reporter: Din/Jaenudin

Editor: Choiri

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *