Kinerja 7 Bumdes di Kecamatan Bangorejo Dievaluasi

77 views
banner 468x60)
Bumdes

Foto: Suasana rapat Bumdes di Kecamatan Bangorejo

KABARRAKYAT.ID – Evaluasi 7 (tujuh) Badan usaha milik Desa (Bumdes) Se Kecamatan Bangorejo, tentang pengelolaan Bantuan pangan Non Tunai (BPNT) dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Jum’at (8/3/2019).

Pengelola 7 itu diantara; Desa Sambirejo, Desa Sambimulyo, Desa Temurejo, Desa Kebondalem, Desa Ringintelu dan Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Hal inilah yang menjadi perhatian Kecamatan Bangorejo untuk menjalankan Otonomi Desa untuk mewujudkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa, salah satunya melalui strategi pengembangan Bumdes.

“Kewenangan fasilitator strategi pengembangan BUMDes diserkan ke Desa Masing masing yang ada di Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi,” ujar Sekcam Bangorejo, M. Sujoko.

Sujoko juga menerangkan kegiatan utama fasilitator antara lain, identifikasi potensi, sosialisasi, koordinasi, monitoring, evaluasi, pendampingan dan fasilitasi pembentukan badan hukum. e-Warung Bumdes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pengembangkan di 7 Bumdes se Kecamatan Bangorejo ini sudah cukup baik, karena Bumdes kerja sama dengan Bank, tetapi proses manajemen strategi masih perlu ditingkatkan.

Dan yang Diperlukan perbaikan dalam implementasi strategi agar lebih deatil dan mudah dipahami, masih perlu adanya optimalisasi kinerja sosialisasi, evaluasi dan pembimbingan, melakukan kerjasama dengan pihak ketiga agar program pengembangan BUMDes cepat berkembang dan berjalan terarah sesuai dengan tujuan.

Kemarin pihak kecamatan sudah sidak di beberapa desa, salah satunya Desa Sambirejo, Sambimulyo, Bangorejo, Temurejo, Ringintelu, Kebondalem dan Sukorejo Kecamatan Bangorejo, di Kabupaten Banyuwangi.

Dari hasil penelitian pembagian Bantuan pangan Non Tunai (BPNT) yang berupa beras dan telur yang disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima kwalitas sudah baik dan penyalurannya juga sudah 85 persen.

Oleh karena itu, perlu dukungan stakeholder dalam pengembangan BUMDes secara optimal, yaitu Pemerintah Desa, Pengelola BUMDes dan Masyarakat.

Reporter : Jaenudin

Editor : Choiri

banner 468x60)

#Bangorejo #Banyuwangi #bumdes #E-Warung

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply