Friday, October 23, 2020
Home JATIM KAB PROBOLINGGO Waspada Klaster Warung, Jumlah Pasien Positip di Probolinggo Terindikasi Kembali Meningkat

Waspada Klaster Warung, Jumlah Pasien Positip di Probolinggo Terindikasi Kembali Meningkat

REPORTERRichard
- Advertisement -

KABAR RAKYAT Perkembangan COVID-19 Kabupaten Probolinggo terindikasi meningkat. Kenaikan jumlah pasien terkonfirmasi positip dipicu oleh belum taatnya masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Klater warung di patut diduga menjadi tempat penularan Covid -19.

Saat ini di Kabupaten Probolinggo orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) sebanyak 229 orang atau bertambah 18 orang dari sebelumnya sebanyak 211orang dengan keterangan 45 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 178 orang sembuh dan 6 orang meninggal dunia.

Tambahan 17 orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini berasal dari Desa Clarak KecamatanLeces sebanyak 1 orang, Desa Palalau Kecamatan Wonomerto sebanyak 2 orang, Desa Karangren Kecamatan Krejengan sebanyak 1 orang, Desa Gebangan Kecamatan Krejengan sebanyak 2 orang, Desa Leces Kecamatan Leces sebanyak 1 orang dan Desa Sumberkerang Kecamatan Gending sebanyak 1 orang.

Selanjutnya, Desa Mranggon Lawang dari Kecamatan Dringu sebanyak 1 orang, Desa Bulang Kecamatan Gending sebanyak 1 orang, Desa Kalisalam Kecamatan Dringu sebanyak 1 orang, Desa Kropak Kecamatan Bantaran sebanyak 3 orang, Desa Tamansari Kecamatan Dringu sebanyak 2 orang dan Desa Curahsawo Kecamatan Gending sebanyak 1 orang.

Dari jumlah tersebut, 3 orang masuk ke dalam Klaster KTI karena merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi sebe lumnya dari karyawan KTI Kota Probolinggo dan 14 orang masuk ke dalam Klaster Pelangi karena penularannya terjadi secara horizontal dan tidak jelas sumbernya dari mana.

Penularan Covid -19 masih terbilang tinggi karena masyarakat mulai mengabaikan prosedur protokol kesehatan. ” Kita menghibau meski ada kelonggaran namun prosedur protokol kesehatan tidak boleh diabaikan. Penularan virus corona bisa dimana saja bisa di warung-warung, pasar, mall, mini market. Sebaiknya penggunaan masker selalu dipakai, cuci tangan dengan sabun di air mengalir senantiasa dilakukan setiap saat dimana saja. Physical distancing sangat direkomendasikan agar kita terhindar dari penyebaran virus”, tegas dr Anang Budi Yoelijanto, ( 1/8/2020).

Satgas Covid -19 Kabupaten Probolinggo masih aktif melakukan tracing sehingga dimungkinkan jumlah terkonfirmasi akan bertambah. Langkah tracing ini dilakukan untuk menekan angka penularan lanjutan dan mengontrol penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah, saat ini kondisinya bagus dan sehat. Mereka dinyatakan sembuh karena hasil swabnya dua kali negatif. Setelah pulang ke rumahnya, mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari dengan terus menerapkan protokol kesehatan,” ungkap dr.Anang Budi Yoelijanto jubir Satgas Covid -19.

EDITORChoiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER