Kominfo Deteksi 177 Hoaks Terkait Virus Corona, Lima di Antaranya Masuk ke Ranah Hukum

  • Whatsapp
3984036629
ILUSTRASI masker. //pexels/Anna Shvets

KabarRakyat – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendeteksi 177 hoaks atau berita bohong terkait virus corona pada Minggu 8 Maret 2020.

Dirjen Aplikasi Informatika, Kementrian Kominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan menuturkan, dari 177 kasus yang terdeteksi, lima di antaranya tengah dibawa ke ranah hukum.

Read More

banner 645x400

Rincian kelima kasus tersebut yakni dua kasus sedang ditangani oleh Polda Kalimantan Timur, dua kasus di Kalimantan Barat, dan satu kasus di Bandara Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

“(Kasus hoaks yang dibawa ke jalur hukum) adalah mereka (pembuat hoaks) yang punya indikasinya. Misalnya untuk kasus yang di bandara itu, kalau ada niatan, desain, itu dia niat dong, bikin kepanikan,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika Semuel.

Menurut data dari Kominfo, hoaks tertinggi ada pada 27 Januari hingga 2 Februari dengan 42 temuan berita bohong menyusul maraknya pemberitaan awal terkait virus corona yang mewabah di Wuhan, Tiongkok.

Pihak Kominfo akan berupaya untuk meminimalisir penyebaran berita bohong atau hoaks dan memberi literasi digital yang berisi informasi yang benar dan terpercaya.

“Kita ingin menyediakan edukasi literasi digital. Mendahulukan nalar sebagai kapten kita. Bagaimana bisa memberikan kesadaran masyarakat soal ruang digital,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika Semuel.

Dalam menangani hoaks atau berita bohong, Semuel akan mulai memblokir situs penyedia berita bohong, pembetulan dan penurunan atau take down informasi yang salah, hingga akhirnya ke jalur hukum bila berita bohong sudah meresahkan publik.

“Untuk mereka yang mencoba membuat suasana tidak kondusif, kita proses hukum. Kita juga memila dan memilih,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika Semuel dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman PMJ News.

Sementara itu, pemerintah sudah menetapkan sebanyak 19 orang positif virus corona di Indonesia pada Senin, 9 Maret 2020.

Sumber: Pikiran Rakyat Media Network (PRNM)

Editor : Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *