Komisi I Hearing ‘Kecurangan’ Pemilihan Kepala Desa Tiga Tempat

  • Whatsapp
Hearing Konflik Pilkades
Hearing Konflik Pilkades

BANYUWANGI – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Banyuwangi tahun 2017 telah selesai dengan aman dan lancar. Namun di beberapa desa masih menyisahkan persoalan. Saat ini, beberapa pengaduan calon Kepala Desa yang tidak terpilih, telah masuk ke Komisi I DPRD Kabupaten Banyuwangi.

Ketua Komisi I, Ficky Septalinda,SE membenarkan bahwa pihaknya telah melaksanakan rapat hearing terkait dengan pengaduan kecurangan Pilkades di 3 (tiga) Desa, yakni Kaligung Kecamatan Blimbingsari, Sumbermulyo Kecamatan Pesanggaran dan Kandangan Kecamatan Pesanggaran.

“Hari ini kita menindaklanjuti permohonan hearing dari beberapa calon Kepala Desa yang tidak terpilih. Mereka mengadukan soal kecurangan di luar tahapan Pilkades,” ucap Ficky Septalinda usai rapat hearing, Rabu (22/11/2017) di Ruang Komisi I DPRD Banyuwangi.

Menurut Politisi PDI Perjuangan asal Daerah Pemilihan Banyuwangi V ini, tahapan Pilkades serentak di kabupaten Banyuwangi sudah berjalan sukses, aman dan lancar. Namun persoalan diluar tahapan Pilkades mulai banyak pengaduan, seperti ditemukannya money politic, keterlibatan perangkat desa dalam mendukung salah satu calon serta persoalan undangan Pilkades yang tidak sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Pengaduan lebih banyak pada persoalan di luar tahapan Pilkades,“ jelasnya.

Dalam rapat hearing, Ficky menyatakan, Komisi I tidak dapat memutuskan persoalan di luar proses tahapan Pilkades. Pihaknya hanya dapat menampung pengaduan kecurangan Pilkades, untuk dilaporkan kepada Pimpinan DPRD.

“Kita tidak bisa memutuskan persoalan sengketa Pilkades. Komisi I hanya menampung pengaduan, untuk dijadikan referensi dan evaluasi Pikades mendatang,” ungkap Ficky Septalinda mengakhiri wawancaranya.

Reporter: Hariyadi

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *