Komisi I DPRD Banyuwangi Raker Bersama Dinas Kesehatan Terkait Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Komisi I DPRD Kabupaten Banyuwangi menggelar rapat kerja bersama Dinas Kesehatan dan 2 (dua) Rumah Sakit Daerah terkait dengan kesiapan program vaksinasi covid-19 di Bumi Blambangan, Kamis (21/01/2021).

Usai rapat kerja Ketua Komisi I, Irianto menyampaikan, agenda rapat hari ini, pihaknya ingin mendengarkan penjelasan Dinas kesehatan terkait dengan persiapan vaksinasi covid-19 di Banyuwangi.

“ Kita minta penjelasan Dinkes tentang kesiapan kedatangan vaksin sebanyak 6.080 vial yang dikirim secara bertahap serta kesiapan pelaksanaan vaksinasi covid-19, “ ucap Irianto saat dikonfirmasi Kabar Rakyat.

Berdasarkan penjelasan dari Dinas Kesehatan, ucap Irianto pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kesehatan setempat telah melakukan berbagai persiapan program vaksinasi covid-19, diantaranya penyiapan sarana prasarana penyimpanan vaksin covid-19 seperti cool chain, vaccine room hingga anggaran kebutuhan pendukung pelaksanaan vaksinasi.

“ Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Kesehatan ternyata sudah menyiapkan berbagai kebutuhan pelaksanaan vaksinasi covid-19, baik sarana prasarana penyimpanan vaksin, SDM vaksinator semaunya sudah ready hingga tingkat kecamatan , “ jelas Irianto.

Sesuai dengan petunjuk dari Pemerintah Pusat, sasaran vaksinasi tahap satu adalah tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit daerah maupun swasta, Puskesmas, klinik kesehatan hingga yang bertugas di Apotek.

“ Dinas Kesehatan sudah melakukan verifikasi data penerima vaksin sebanyak 6.000 lebih tenaga kesehatan namun tidak semuanya bisa di vaksinasi covid-19 , “ ucap Irianto.

Tenaga kesehatan penerima vaksin covid-19 adalah meraka yang berusia 18 hingga 59 tahun dan dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

“ Semoga pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Banyuwangi bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan , “ ucapnya.

Untuk mewujudkan hal itu, Ketua Komisi I DPRd Banyuwangi meminta kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan komunikasi dan  sosialisasi secara masif ke masyarakat terkait detail dan manfaatnya, ditengah simpang siur informasi vaksi yang ada saat ini.

“ Tadi dalam rapat kami tegaskan kepada Dinas Kesehatan agar lebih masif untuk melakukan sosialisasi detail maupun manfaat vaksin covid-19 ini, agar tidak menimbulkan keraguan dikalangan masyarakat , “tutup Politisi PDI-Perjuangan asal Kecamatan Muncar ini.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *