Monday, August 10, 2020
Home BONDOWOSO Komisi I DPRD Desak Bupati Bondowoso Isi Kekosongan Jabatan OPD

Komisi I DPRD Desak Bupati Bondowoso Isi Kekosongan Jabatan OPD

KABAR RAKYAT – H. Tohari Ketua Komisi I DPRD Bondowoso meminta kepada Bupati Salwa Arifin segera mengisi kekosongan jabatan di organisasi perangkat daerah (OPD) dengan melakukan Open Bidding atau lelang jabatan.

Tohari mengatakan banyak OPD yang diisi jabatan pelaksana tugas (Plt) yang ditengarai tidak maksimal.

“Segera lakukan pengisian tempat-tempat yang kosong dengan melakukan mutasi eselon II , selebihnya segera lakukan open bidding, sebagaimana pula janji politiknya tanpa jual beli jabatan dan sesuai kompetensi,” tegasnya.

Menurut Tohari, sejatinya ini harus disikapi dengan cepat agar roda pemerintahan bisa bekerja maksimal mungkin agar melahirkan pimpinan yang kompeten di OPD.

“Kami berharap nantinya pansel akan berjalan seobjektif mungkin dan profesional. Melakukan tugas kewajibannya semaksimal mungkin untuk melahirkan pimpinan OPD baru yang sesuai kopetensi ,” ujarnya, Selasa (7/7/2020).

Politisi PKB ini, juga berharap, proses open bidding jabatan eselon II kali ini jangan sampai menimbulkan akses sosial.

“Pemkab juga bisa berkaca terhadap persoalan rotasi, mutasi, dan promosi jabatan di lingkungan yang menimbulkan kegaduhan. Sehingga saya juga berharap Jangan jadi gaduh atau ribut,” jelasnya.

Dikatakan , kegaduhan biasanya timbul akibat munculnya isu transaksional jual beli jabatan. Kemudian, tidak profesionalnya proses penempatan suatu pejabat yang tidak sesuai kompetensi.

“Maka dari itu, saya menekankan supaya apa yang terjadi di open bidding nantinya bisa menjadi catatan. Ini kan tujuannya memaksimalkan upaya pembangunan daerah. Kalau bukan untuk itu, kenapa harus open bidding, cukup dengan penunjukkan saja,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER