Komisi I DPRD Raker Pilkades 2019, Ini Penjelasannya

144 views
Komisi A DPRD dan Bagian Pemerintahan Kab. Banyuwangi (2)

Ketua Komisi I, Ficky Septalinda dan Anggota Komisi Rifa. (30/7/2019). Ft. Hariyadi

KabarRakyat.ID – Pastikan pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2019 berjalan sesuai tahapan, Komisi I DPRD rapat kerja (Raker) bersama Bagian Tata Pemerintahan Desa Sekretariat Kabupaten (Sekab) Banyuwangi, Selasa (28/07/2019).

Ketua Komisi I, Ficky Septalinda menegaskan, pihaknya ingin tahu jumlah pendaftar Bakal calon kepala desa (Bacakades) dari 130 desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, pada 9 Oktober 2019 nanti.

“Raker Komisi I DPRD ini dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan. Kami ingin dapaty penjelasan jumlah peserta Pilkades serentak 2019. Sebab tanggal 23 juli 2019 kemarin panitia Pilkades sudah harus melaporkan,“ ucap Ficky pada Kabar Rakyat ID.

Sejak pendaftaran Bacakades dibuka pada 29 Juni 2019 hingga ditutup pada 7 Juli 2019 lalu, dari 130 desa, ada sebanyak 634 orang yang mendaftar. Namun setelah proses penelitian dokumen persyaratan dan tahap perbaikan dokumen ada 509 bakal calon kepala desa (Bacakades) memenuhi syarat.

“Dilaporkan juga, sampai hari ini masih ada 23 panitia Pilkades ditingkat desa belum menyerahkan laporan pendaftar. Sementara proses ditingkat desa sudah selesai,“ ucap politisi Fraksi PDIP ini.

Sedangkan, dari 130 desa gelar Pilkades serentak, disampaikan ada 42 desa yang jumlah pendaftarnya, lebih dari lima orang. Maka untuk tahap lanjutan panita seleksi (Pansel) akan melakukan seleksi tambahan melalui skoring indikator dan tes tulis. Cakupan skoring indikator bakal calon kepala desa itu antara lain, usia, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja di pemerintahan.

Komisi A DPRD dan Bagian Pemerintahan Kab. Banyuwangi (1)

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Desa Sekda Banyuwangi, Abdul Azis Hamidi (kanan). Bersama tim Pansel Pilkades Serentak 2019. (30/7/2019). Ft. Hariyadi

“Dari 42 desa yang pendaftarnya lebih dari 5 orang. Sekitar 314 orang yang akan ikut tes tulis Bakal calon kepala desa,“ ucap Ficky S.

Pelaksanaan tes tulis Bacakades, akan dilaksanakan oleh panitia Pilkades tingkat kabupaten bekerjasama dengan Perguruan Tinggi , pada tanggal 29 Agustus 2019 mendatang. Dan pada hari itu juga hasil penilaian tes tulis akan diumumkan. Sedangkan untuk penetapan nomor urut dan nama calon dilaksanakan pada 30-31 Agustus 2019.

Terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Desa Sekda Banyuwangi, Abdul Azis Hamidi menyampaikan, proses pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2019 di Kabupaten Banyuwangi , sudah berjalan sesuai dengan tahapan yang telah disusun.

Setelah proses penelitian berkas persyaratan administrasi, dan perbaikan berkas, tahap selanjutnya persiapan pelaksanaan tes tulis untuk Bacakades.

“ Tahap selanjutnya persiapan tes tulis bagi Bacakades yang bersal dari desa yang pendaftarnya lebih dari lima orang ,“ pungkas Abdul Azis Hamidi.

Reporter : Hariyadi

Editor: Choiri

banner 970x90









Loading...

#Banyuwangi #desa #pilkades 2019 #pilkades serentak

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply