Komisi I DPRD Trenggalek Lakukan Pembahasan Terkait Explorasi Tambang

  • Whatsapp

KABAR RAKYATTerkait isu explorasi tambang emas di Kabupaten Trenggalek, Komisi I DPRD meminta masyarakat tidak terlalu khawatir karena terkait peta tambang yang akan diexplorasi sampai saat ini belum jelas.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Komisi I Husni Tahir Hamid saat wawancara setelah gelar rapat bersama OPD terkait. Kamis (18/3).

Bacaan Lainnya

” Terkait rencana explorasi tambang emas yang ada di Trenggalek, biarpun isu perijinan sudah turun namun sampai saat ini, kita belum tahu titik kordinatnya mana-mana saja yang masuk wilayah pertambangan. berdasarkan hasil klarifikasi dengan  OPD yang dipanggil hari ini pun, mereka juga tidak bisa menyebutkan data-data wilayah pertambangan itu,” jelas Husni.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipanggil untuk diajak membahas terkait tambang antara lain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Trenggalek.

Ketua Komisi I Husni Tahir juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak khawatir (risau) atas isu explorasi tambang yang sampai saat ini belum jelas kebenarannya.

” Sebab kalau membahas terkait explorasi maka yang perlu dijadikan  kajian adalah perijinannya. Bahkan terkait bukti surat, biarpun itu diterbitkan propinsi, kita sampai saat kita belum tahu isinya. Utamanya terkait peta wilayah dan pengajuan perijinannya. Sesuai RT RW daerah atau tidak. Kita berharap jangan sampai ijin tambang, merubah RT RW daerah maupun pusat,” jelas Husni.

Berkaca dari hal itu, sampai saat ini Komisi I masih akan menggali informasi sebelum adanya explorasi, wilayah mana saja yang masuk dalam ijin explorasi.

” Jika data terkait itu sudah jelas maka selanjutnya akan dilihat terkait status lahan. apakah milik negara yang saat ini dikelola perhutani atau milik masyarakat,” pungkas Husni.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *