Komisi I DPRD Trenggalek Sidak Penyaluran BLT DD di Sukowetan

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Komisi 1 DPRD Trenggalek lakukan sidak penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD), di Desa Sukowetan. Kamis ( 11/6).

Komisi I DPRD Trenggalek dipimpin DR. Moh Husni Tahir Hamid, S.H.,M.H.,C.L.A. bersama tiga orang anggotanya, Imam Musclihuddin, Siswojo, dan Hidayat Nurhasyim, dengan didampingi seorang staf dari sekretariat dewan. Disana, Komisi I menyaksikan langsung penyaluran BLT DD.

Read More

Dalam sambutannya DR Husni, menyampaikan bahwa komisi 1 dibagi menjadi 2 tim, di Sukowetan adalah kunjungannya ke 38, jadi total ada 76 desa yang sudah dikunjungi Komisi I.

Kehadiran Komisi I tersebut bukan dalam rangka sidak, tetapi lebih pada mengamati dan mengevaluasi, sebagai bentuk tanggung jawab komisi I serta memberikan tambahan wawasan bagi pemerintah desa terkait pelaksanaan produk hukum.

Dijelaskan Ketua Komisi I, dalam peraturan menteri keuangan no 50/PMK. 07/2020 tentang perubahan kedua atas peraturan no 205/PMK.07/2020 tentang pengelolaan dana desa, pengajuan dan pencairan dana desa dari kementerian keuangan ke pemerintah desa.

Bahwa: Pencairan dana desa tahap pertama tidak lagi mensyaratkan penerbitan peraturan desa mengenai APBDes, cukup dengan keputusan bupati, dan penyaluran tahap kedua syaratnya dihilangkan atau menjadi tanpa syarat.

“Sedangkan persyaratan penyaluran dana desa tahap ke tiga berupa laporan realisasi penyerapan dan capaian keluaran desa. Ini yang harus diperhatikan pemerintah desa,” jelas Husni.

Lebih lanjut, terkait penyaluran BLT DD, Dr Husni menyampaikan bahwa: Menurut PMK no 50, penyerahan BLT DD disampaikan dengan cara tunai dan non tunai, namun tidak ada pertemuan.

Tunai dilakukan door to door dengan protokol kesehatan, atau non tunai secara virtual (melalui bank), langsung masuk ke rekening, tanpa dikenakan biaya dan bunga, cukup menyerahkan KTP kepada Kades, kemudian Kades menyerahkan ke bank negara yang dilibatkan.



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *