Komisi II Soroti Naik Indikator Pengangguran Terbuka

165 views
banner 468x60)
Rapat kerja komisi II

Foto: Suasana rapat kerja Komisi II DPRD dengan Disnakertrans Banyuwangi

Pembahasan LKPJ Bupati Tahun 2018

KABARRAKYAT.ID –  Naiknya indikator tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2018 jadi sorotan Komisi II DPRD setempat. Itu terungkap saat rapat kerja pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banyuwangi tahun anggaran 2018 bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Ketua Komisi II, Handoko,SE mengatakan, tingkat pengangguran terbuka  tahun 2018 sebesar 3,67 persen dari total angkatan kerja di Kabupaten Banyuwangi sebanyak 903.356 orang. Jumlah orang yang bekerja sebanyak 870.242 orang dan yang menganggur sebanyak 33.114 orang.

“ Angka 3,67 persen lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 yang hanya 3,07 persen, ini berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik , “ ucap Handoko saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Selasa (19/03/2019).

Baca juga:

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas tenaga kerja dan transmigrasi melaporkan, pertambahan jumlah pengangguran tersebut disebabkan adanya peningkatan jumlah angkatan kerja baru di Banyuwangi.

“ Angkatan kerja lulusan SMK Kejuruan merupakan penyumbang pengangguran terbesar  sebanyak 11.331 orang disusul angkatan kerja berpendidikan SD, ‘ jelas Handoko.

Komisi II DPRD Banyuwangi medorong eksekutif untuk terus menggalakkan peningkatan pelatihan kepada angkatan kerja baru. Dan meningkatkan kurikulum dan kompetensi SMK Kejuruan, agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja sehingga lulusan SMK dapat terserap  di pasar kerja.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal, Komisi II mendorong Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk memaksimalkan peran Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada. : Harapanya tenaga kerja lokal lebih kompeten dan memiliki daya saing di pasar kerja, “ pungkas Politisi Partai Demokrat asal Kecamatan Rogojampi ini.

Reporter  : Hariyadi

Editor : Choiri

banner 468x60)

#Banyuwangi #DPRD Banyuwangi #indikator #pengangguran terbuka

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply