Komisi IV Kunker DPMD Pertanyakan Pilkades Serentak, 2021

  • Whatsapp

Komisi IV DPRD Bondowoso bersama Haeriyah Yuliati Kadis PMD

KABAR RAKYAT – Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso datangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten, untuk sampaikan aspirasi para kepala desa terkait kapan Pilkades serentak tahun 2021 digelar oleh pemerintah daerah.

Rombongan Kunker Komisi IV DPRD ini disambut langsung Kepala DPMD Kabupaten Haeriyah Yulianti, S.Sos bersama sejumlah staff jajarannya, Jum’at (22/1/2021).

Ketua Komisi IV Adi Kriesna dikonfirmasi mengatakan akan mendukung pilihan kebijakan DPMD dalam Pilkades nanti. Namun, asal tak keluar dari peraturan dan perundangan.

Disampaikan pula oleh Kriesna, pihaknya tadi telah mendapat keterangan dari sejumlah opsi-opsi rencana pelaksanaan Pilkades serentak.

“Kita hanya menyarankan kepada DPMD, tolong cari opsi yang manfaatnya besar. Artinya, dari sisi peraturan perundangan tidak menimbulkan residu hukum ketika dilaksanakan. Dan bisa menjembatani kondisi real di lapangan,” urai Kriesna politisi Golkar ini.

Sebagai anggota dewan juga Ketua DPD II Partai Gokar Bondowoso mendapat penjelasan tentang kekurangan anggaran Pilkades Serentak telah ditetapkan APBD awal 2021.

Mengingat, APBD awal ini masih mengasumsikan anggaran Pilkades itu tanpa protokol kesehatan. “Sehingga kemudian jumlah TPS ketika lebih dari satu. Anggarannya akan bertambah,” ucap Kriesna menambahkan.

Telah diberitakan, Senin lalu (18/1/2021), perwakilan Kepala Desa datangi DPRD Bondowoso untuk sampaikan aspirasi Pilkades serentak dan habisnya jabatan kepala desa. Mereka bertemu Komisi IV DPRD dan dapat tanggapan serius.

Para kepala desa ini, meminta legislatif segera mendorong Pemerintah Daerah, dalam hal ini DPMD, segera tentukan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak. Serta meminta agar biaya Pilkades serentak ditanggung APBD.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *