Korban Banjir Bandang Bondowoso Terima Bantuan Cash For Work dari Gubernur Jatim

  • Whatsapp
Warga Banjir Badang Bondowoso (1)

KabarRakyat.ID – Bupati Bondowoso, Salwa Arifin secara simbolis menyerahkan bantuan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berupa Program Cash for Work kepada warga terdampak banjir bandang di dua Desa Kalisat dan Sempol, Kecamatan Ijen, bertempat di Pendopo Bupati, Kamis malam (30/1).

Gubernur Jatim melalui Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur, Suban Wahyudiono, menjelaskan, bantuan program yang dicetuskan Gubernur itu setelah berkunjung langsung kelokasi terdampak. Yakni, Program Cash for Work, yakni bantuan dana senilai Rp 250 ribu perorang untuk setiap orang dalam keluarga yang membersihkan rumah terdampak lumpur.

Read More

banner 645x400

“Setiap orang mendapatkan Rp 250 ribu. Kalau di dalam satu keluaga ada lebih dari satu orang ya.. tinggal dikalikan saja. Tapi, tidak untuk anak-anak. Disesuaikan dengan jumlah keluarga yang tertera di Kartu Keluarga,” ujar Suban kepada KabarRakyatID, Kamis (30/1/2020) disela penyerahan bantuan.

Diharapkan bantuan sosial ini, kata Suban, dapat mendukung masyarakat untuk melakukan kerja padat karya, membersihkan lingkungan dan rumah sendiri.

Warga Banjir Badang Bondowoso (2)

“Bantuan  Ibu Gubernur ini kepada warga, karena biasanya kerja kemudian tidak bisa bekerja. Tentu ini untuk mempercepat proses pemulihan, dan menjamin kehidupan warga yang terdampak,” imbuh Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur itu.

Ditambahkan, Sekretaris Daerah Bondowoso, Syaifullah, bahwa warga terdampak diberi bantuan sosial senilai Rp 50 ribu perorang perhari, dan ini untuk lima hari. Namun, tidak untuk anak di bawah usia 10 tahun.

“Kurang lebih dianggarkan Rp 124juta. 856 KK (kepala keluarga) yang terdampak,” imbuhnya.

Dalam sambutan, Bupati Salwa Arifin menyampaikan, bantan sosial ini diharapkan meringankan  beban warga terdampak banjir.

“Amanah dari Gubernur Jawa Timur, semoga bermanfaat,” jelasnya.

Reporter : Ifa

Editor : Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *