KPA Banyuwangi Temukan Golongan Baru Pengidap HIV/AIDS

  • Whatsapp

BANYUWANGI – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Banyuwangi Jawa Timur, menemukan golongan baru pengidap HIV/AIDS di daerahnya.

Koordinator Konseling KPA Banyuwangi, Tunggul Harwanto mengatakan, golongan baru orang dengan HIV/AIDS yang berhasil ditemukan itu golongan masyarakat pelabuhan. “Dari 2000 orang lebih yang melakukan tes VCT di seluruh pelabuhan di Banyuwangi,  ditemukan sekitar 10 orang mengidap penyakit mematikan tersebut,” ujur Tunggul hari ini Rabu (22/11/2017)

10 orang yang positif HIV/AIDS itu sebagian besar berprofesi  sebagai  anak buah kapal (ABK) dan nelayan. Mereka tertular HIV/AIDS  karena gonta–ganti pasangan.

 “Temuan kasus HIV/AIDS di tahun 2017 sekitar 10 orang. Karena memang ini program baru yang diterapkan tahun 2016 sampai 2017 sehingga sasaranya pun orang-orang baru di wilayah pelabuhan yang memiliki otoritas sendiri. Sehingga hanya 10 kasus yang baru ditemukan,” kata Tunggul Harwanto.

Tunggul Harwanto menambahkan, diperkirkan masih banyak masyarakat di kawasan pelabuhan yang positiv HIV/AIDS, karena masih banyak masyarakat sekitar pelabuhan yang belum melakukan tes VCT.

“Untuk itu, KPA Banyuwangi terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar pelabuhan akan pentinya tes VCT. Hal itu untuk mencegah bertambah banyaknya pengidap HIV/AIDS di Banyuwangi,” pungkasnya

Sekedar diketahui, hingga bulan September 2017, jumlah pengidap HIV/AIDS di Banyuwangi hampir mencapai 4000 orang.

Hermawan

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *