Monday, October 26, 2020
Home POLITIK PILKADA 2020 KPU Banyuwangi Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

KPU Banyuwangi Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

REPORTERHariyadi
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dan kualitas pemilih. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi membuka pendaftaran Relawan Demokrasi (Relasi) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020.

Divisi SDM,Partisipasi Masyarakat,Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Banyuwangi, Dian Purnawan mengatakan, Relawan Demokrasi merupakan mitra kerja KPU dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi pada 9 Desember 2020 mendatang.

“ Relawan demokrasi nantinya akan melakukan sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, baik secara tatap muka maupun virtual kepada basis pemilih strategis, seperti basis komunitas, basis disabilitas, basis keagamaan, warga internet dan lainya, “ ucap Dian Purnawan kepada Kabar Rakyat, Senin (21/09/2020).

Dijelaskan oleh Dian, penyerahan berkas pendaftaran Relasi  pada tanggal  22 hingga 25 September 2020  di Kantor KPU Banyuwangi mulai pukul 08:00 s/d 15: 30 WIB. Adapun syarat sebagai Relasi adalah Warga Negara Indonesia (WNI), terdaftar sebagai pemilih dan berusia 17 tahun saat mendaftar dan maksimal berusia 25 tahun.

Berpendidikan Sekolah Menengah  Atas (SMA) atau sederajat. Dan syarat lainnya bedomisili di wilayah setempat, non partisipan sekurang-kurangnya dalam 5 tahun terkahir tidak berafiliasi pada partai politik. Memiliki komitmen dan tanggung jawab sebagai Relawan Demokrasi.

Tidak pernah dipidana penjara dengan ancaman pidana 5 (lima) tahun atau lebih yang telah berkekuatan hukum tetap dan berkelakukan baik. Bukan bagian dari penyelenggaran pemilihan tahun 2020. Memiliki pengalaman kegiatan penyuluhan atau aktif dalam organisasi kemasyarakatan.

“ Untuk tata cara pendaftaran dan dokumen persyaratan yang harus disertakan bisa dilihat langsung di Web resmi KPU Banyuwangi , “ ucap Dian Purnawan.

Dian menambahkan, sesuai jdwal yang telah ditentukan, proses seleksi administrasi pendaftaran Relasi akan dilakukan pada tanggal 23 hingga 25 September 2020.  Pengumuman seleksi administrasi tanggal 26 September 2020, Seleksi wawancara 28 September 2020 dan pengumuman Relasi terpilih tanggal 29 September 2020.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca