KPU Banyuwangi Jamin Soal Tes Tulis Seleksi PPK Pilkada 2020 Tidak Bocor

  • Whatsapp
Tes Tulis PPK (2)

KabarRakyat.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, Dwi Anggraini menjamin kerahasiaan soal tes tulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020.

“ Saya pastikan soal tidak bocor, karena kami sendiri tidak tahu materi tes tulis yang dilaksanakan hari ini, semua soal ada di amplop tersegel , “ ucap Dwi Anggraini saat membuka pelaksanaan tes tulis PPK, Kamis (30/01/2020) di Aula Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi.

Read More

banner 645x400

Dwi Anggraini menyarankan kepada peserta tes, agar tidak saling contek karena tiap peserta dipastikan mendapatkan materi soal yang berbeda. Secara umum materi tes tulis adalah tentang Undang-Undang Kepemiluan, sosialisasi, kampanye, teknis penyelenggaran dan kewilayahan.

“ Jadi ngak usah lihat soal peserta disebelahnya, soalnya tidak sama, yang penting percaya diri, kerjakan soalnya, ini merupakan proses yang harus dijalani untuk bisa menjadi anggota PPK , “ sarannya.

Ketua pokja seleksi anggota PPK KPU Banyuwangi, Dian Purnawan menambahkan, dari 540 pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi, ada 55 pendaftar yang tidak hadir dalam tahapan tes tulis.

“ Dari 540 pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi, 90 persen hadir mengikuti tahapan tes tulis, hal tersebut terlihat dari bangkunya yang kosong , “ ucap Dian Purnawan.

Tes Tulis PPK

Panitia memberikan peluang kepada peserta tes tulis yang terlambat datang, namun waktu pengerjaan soal tetap mengikuti aturan yang ditentukan yakni 120 menit, untuk menyelesaikan 100 soal yang materinya berbeda.

“ Yang tidak hadir dalam tes tulis, tidak ada konfirmasi, padahal panitia memberikan kelonggaran kepada peserta yang terlambat datang untuk tetap mengikuti tes tulis namun tidak ada perpanjangan waktu pengerjaan, semuanya sama 120 menit untuk 100 soal, “ ucapnya.

KPU mempunyai waktu 3 (tiga) hari untuk melaksanakan penilaian untuk mencari 10 besar di setiap kecamatan melalui perangkingan nilai. Setelah tes tulis selesai dan hasilnya diumumkan, tes wawancara akan digelar untuk menentukan 5 besar di masing-masing kecamatan.

“ tanggal 6-7 Pebruari 2020 hasil tes tulis kita umumkan selanjutnya tanggal 8 hingga 10 Pebruari 2020 digelar tes wawancara yang akan di ikuti 10 peserta terbaik di masing-masing kecamatan, “ pungkas Dian Purnawan.

Dalam tahapan tes tulis calon anggota PPK. Bawaslu dan Kepolisian Banyuwangi nampak ikut memantau langsung pelaksanaan tes tulis seleksi PPK Pilkada tahun 2020.

Reporter : Hariyadi

Editor : Richard

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *