KPU Banyuwangi Siapkan Materi Hadapi Gugatan PHPU

  • Whatsapp
KPU Banyuwangi
Ketua KPU Banyuwangi bersama empat komisioner gelar jumpa pers.

KABARRAKYAT.ID – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi saat ini tengah bersiap menghadapi sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) legislatif di Mahkamah Konstitusi. Sesuai dengan jadwal, persidangan PHPU legislatif akan digelar pada tanggal 9 Juli 2019 pekan depan.

“ Kami di Jakarta hari ini berkoordinasi dengan tim pengacara KPU RI, sekaligus mengumpulkan alat bukti guna menghadapi sidang sengketa PHPU di MK , “ ucap Divisi Hukum dan Pengawasan Komisoner KPU Banyuwangi, Dian Mardiyanto melalui sambungan telepon, Jum’at (05/07/2019).

Read More

Menurut Dian, ada dua Partai Politik (Parpol) yang mengajukan permohonan gugatan ke Mahkamah Konstitusi, yakni Partai Demokrat dan Partai Nasdem, dan seluruhnya sudah teregistrasi. Gugatan Partai Demokrat terkait dengan perselisihan suara untuk Caleg DPR.RI, DPRD Propinsi dan DPRD kabupaten.

“ Partai Nasdem terkait perselisihan suara untuk DPRD propinsi saja , “ ungkap Dian Mardiyanto.

Hadapi sidang MK nanti, untuk sementara KPU Banyuwangi baru menyiapkan sejumlah dokumen yang berkaitan dengan kegiatan penghitungan dan rekapitulasi suara, seperti halnya form C1., form DAA, form DA1 dan lainnya.

Sidang sengketa PHPU legislatif akan dimulai pada hari, Selasa 9 Juli 2019 hingga hari Jum’at , 12 Juli 2019 mendatang. Sidang pendahuluan itu akan digelar selama empat hari berdasarkan pengelompokan jadwal yang ditentukan.

“ Jadwal pertama 9 Juli 2019 nanti ada lima propinsi yang akan mengahadap sidang pendahuluan yakni , Jawa Timur, Jawa Barat, Maluku Utara, Papua dan Aceh, “ jelas Dian.

Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang pemeriksaan pada 15 Juli hingga 30 Juli 2019. Dan pengucapan putusan akan dilakukan pada tanggal 6 hingga 9 Agustus 2019 mendatang.

Reporter : Hariyadi

Editor : Setiawan



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *