KPU Lantik 125 Panitia Pemilih Tingkat Kecamatan

  • Whatsapp

BANYUWANGI – Sebanyak 125 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) resmi dilantik oleh KPU Banyuwangi di ruang Minakjinggo Pemda Banyuwangi, Rabu (22/11). Sehingga secara resmi mereka dapat melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan.

Pelantikan PPK tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPU Banyuwangi Samsul Arifin, serta disaksikan langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Panwaslu Kabupaten dan jajaran Forpimda.

Ketua KPU Banyuwangi Samsul Arifin mengatakan, 125 PPK yang dilantik tersebut telah melalui berbagai tahapan seleksi. Dari ratusan calon PPK yang telah mendaftar, setiap kecamatan hanya diambil 5 orang PPK. “Terkait salah satu PPK dari Kecamatan Kota yang terlibat partai, sudah diganti dengan yang lain,” ujar Samsul Arifin.

Samsul menekankan, PPK yang telah dilantik itu harus bisa melayani kebutuhan pemilu. Selain itu setiap dugaan pelanggaran pemilu harus mampu di selesaikan oleh PPK di tingkat bawah. Karena itu pihaknya meminta PPK harus melakukan koordinasi yang baik dengan pihak terkait. “PPK harus membuat prestasi jika tak ingin dicopot saat pileg 2018 nanti,” pungkasnya.

Hasyim Wahid, Ketua Panwaslu Kabupaten Banyuwangi mengatakan, sebelum dilantik, pengawas pemilu di tingkat kecamatan telah melakukan pemantauan terhadap mereka yang akan dilantik. Sehingga beberapa calon PPK yang terlibat partai politik telah direkomendasikan kepada KPU dan dibatalkan menjadi PPK. “Mereka yang dilantik hari ini, kita pastikan telah kita awasi dari hal yang dilarang aturan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berharap para PPK tersebut nantinya dapat mengawal pemilihan gubernur secara jujur, adil dan transparan. “Saya optimis temen-temen PPK ini mampu menciptakan suasana pilgub yang sejuk di Banyuwangi,” harapnya.

Reporter: Irham

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *