KPU Probolinggo Ancam Ambil Sanksi Tegas 3 PPK

308 views

Foto : Ketua KPU Probolinggo Lukman Hakim Ancam keluarkan Sanksi Tegas. 

 

KABARRAKYAT.ID – Dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan tiga PPK di Kabupaten Probolinggo terkait pergeseran suara partai ke Caleg Nasdem mulai diseriusi KPU. Malahan, pelanggaran ini dinilai sangat serius oleh KPU setelah pihaknya menerima sejumlah bukti pelanggaran.

Kasus dugaan penyimpangan pergeseran suara di internal partai Nasdem yang menyebabkan salah satu caleg melambung perolehan suaranya sempat mengemuka saat pleno rekapitukasi terbuka di Kantor KPU. Persoalan perbedaan suara yang dinilai tidak wajar sebab, sebelumnya ada perbedaan signifikan dengan Caleg atas Nama H.Muzamil di form DA 1.

Sementara Caleg Muklis mendadak melabung perolehan suara dikarenakan mendapat 1.978 suara atas suara Partai Nasdem. Padahal, sebelumnya suara di form DA1 suara Muklis kalah jauh dengan Caleh Muzamil Safi’I tokoh dan deklarator partai Nasdem Jawa Timur itu.

Temuan pergeseran suara internal partai itu sempat terpantau langsung Tim pemantau Pemilu dari LIRA Kabupaten Probolinggo hingga kasus ini dijadikan dasar laporan ke Banwaslu Jawa Timur. Ada tiga  PPK diantaranya Wonomerto, Bantaran dan Dringu yang terjadi pergeseran suara partai ke caleg.

Yang menarik laporan pelanggaran Pemilu hingga kini belum ada tindakan serius dari pihak Banwaslu Jawa Timur maupun Banwaslu Kabupaten Probolinggo.

Terkait temuan serius ini KPU Kabupaten Probolinggo membenarkan adanya upaya pergeseran suara di internal partai tersebut.

“Menyikapi adanya dugaan pelanggaran etika ini pihak kami sudah melakukan penelusuran terhadap 3 PPK yang diadukan oleh pemantau pemilu. Dasar pertimbangan peraturan KPU no. 08 Tahun 2019. Dimana ketika ditemukan indikasi pelanggaran etika,  KPU akan mengeluarkan sanksi keras terhadap oknum PPK yang terlibat. Tindakan internal ini tanpa perlu menunggu rekomendasi Banwaslu”, kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim, Rabu (15/5/2019).

Lukman sendiri menyesalkan ada keterlibatan PPK yang menyebabkan pergeseran suara yang ingin memenangkan caleg tertentu tanpa mengindahkan aturan.

“Masalah ini masih kita kaji dan telusuri jika hasilnya cukup bukti sanksi akan kami tetapkan”, tegas Lukman Hakim.

Bukti pergeseran suara ini sempat menuai protes keras Caleg DPRD Provinsi dari partai Nasdem H. Muzamil. Sosok Caleg yang dikenal sebagai tokoh deklarator partai Nasdem Jawa Timur ini.

Kasus dugaan pergeseran suara partai ini juga dituangkan dalam berita acara pleno terbuka rekapitulasi suara pemilu. Dimana saksi partai Nasdem akan menyelesaikan temuan ini di KPU Jawa Timur.

 

Reporter : Richard
Editor      : Choiri

Banner PDI







Loading...

#Pelanggaran etika Pemilu #Dugaan pergeseran suara partai ditindaklanjuti KPU #KPU Kabupaten Probolinggo #Kecurangan Pemilu

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply