Jumat, November 27, 2020
Beranda JATIM KAB KEDIRI KPU Tak Fasilitasi Kampanye Kotak Kosong Pilkada Kediri

KPU Tak Fasilitasi Kampanye Kotak Kosong Pilkada Kediri

REPORTERMuajijin/Jin

KABAR RAKYAT KPU Kabupaten Kediri tidak fasilitas kampanye pasangan calon (Paslon) tunggal di Pilkada Serentak Tahun 2020. Sebab Kotak Kosong atau Bumbung Kosong Tidak masuk definisi kampanye. Karena kampanye yang difasilitasi KPU adalah kampanye pasangan calon.

Pernyataan resmi ini, disampaikan oleh Nanang Qosim Komisioner KPU Ketua Divisi, Sosdiklih, SDM dan Parmas, dalam acara Media Gathering Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020, di Hotel Bukit Daun, Kediri, Rabu malam (28/10/2020).

“Meski tidak ada fasilitas kampanye, namun KPU tetap sosialisasikan kotak kosong di daerah terdapat satu Paslon kepala daerah, di Kabupaten Kediri ini,” terang Nanang Qosim, Komisioner KPU setempat.

Baca : 

Nanang juga menambahkan, ketentuan mengenai sosialisasi tersebut tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2017 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada.

Dijelaskan oleh Nanang, telah diatur Pasal 27 Ayat (1) berbunyi : Setiap warga negara, kelompok, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, kelompok adat, badan hukum, lembaga pendidikan dan media massa cetak atau elektronik dapat melaksanakan sosialisasi pemilihan sebagaimana dimaksud Pasal 26 untuk pemilihan dengan satu Paslon.

“Sosialisasi kotak kosong justru penting dilakukan agar masyarakat paham bahwa memilih kotak kosong di daerah yang terdapat calon tunggal tidak dilarang.”pungkas Nanang Qosim.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca