Thursday, October 22, 2020
Home JATIM BANYUWANGI KPU Tetapkan Ipuk-Sugirah dan Yusuf-Riza Paslon Pilkada Banyuwangi

KPU Tetapkan Ipuk-Sugirah dan Yusuf-Riza Paslon Pilkada Banyuwangi

REPORTERHariyadi
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi (KPU Banyuwangi) menetapkan pasangan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dengan Sugirah dan pasangan Yusuf Widyatmoko dengan KH Muhammad Riza Aziziy sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi dalam Pilkada Serentak tahun 2020.

Keduanya dinyatakan telah lolos memenuhi syarat. Baik secara persyaratan pencalonan maupun pemberkasan, keduanya dinyatakan lengkap dan sah.

Pasangan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah ditetapkan KPU Banyuwangi dengan nomor 362/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020.

Sedangkan pasangan Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy ditetapkan KPU Banyuwangi dengan nomor 363/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020.

“Kami menyatakan bahwa keduanya ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilbub Banyuwangi dalam Pilkada Serentak tahun 2020,” ucap Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini, Rabu (23/9/2020).

Penetapan kali ini, tidak digelar KPU secara tatap muka dengan mengundang kedua paslon. Sesuai dengan PKPU Nomor 9 tahun 2020 tentang pencalonan.

“Kita lakukan penetapan non tatap muka. Namun, pengumuman bisa langsung dilihat melalui laman resmi KPU Banyuwangi,” ucapnya.

Dengan penetapan ini, Dwi menegaskan bahwa dalam pesta demokrasi mendatang dipastikan diikuti oleh dua pasangan calon. Keduanya pun berhak mengikuti setiap tahapan pemilihan selanjutnya.

Sebelum dinyatakan memenuhi syarat, keduanya sempat mengalami ketidaklengkapan berkas. Namun setelah dilakukan perbaikan, berkas kedua paslon telah rampung diverifikasi dan memenuhi persyaratan.

“Keduanya sudah kami verifikasi dan memenuhi syarat. Setelah sebelumnya dilakukan perbaikan karena ada sedikit kekurangan. Baik dari pasangan Ipuk-Sugirah maupun Yusuf-Gus Riza,” jelas Dwi kepada Awak Media.

Mengingat pemilihan kali ini digelar di masa pandemi covid-19 skala nasional, KPU mengimbau agar kedua paslon mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. KPU juga berharap, keduanya dapat bersaing dengan sehat dan sportif.

“Kami mengimbau agar keduanya atau tim pendukung tetap menerapkan protokol kesehatan. Baik saat kampanye maupun hingga masa pemungutan suara nanti. Sekali lagi selamat untuk kedua paslon, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dengan Sugirah dan Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy. Kami berharap keduanya bersaing secara sehat dan sportif,” pungkas Ketua KPU Banyuwangi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER