KPUD Lumajang Membakar Surat Suara Rusak

342 views
Kpu lumajang

Foto: Surat suara rusak dibakar KPUD Lumajang.

KABARRAKYAT.ID– Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lumajang membakar 1.001 lembar surat suara yang rusak, diantaranya surat untuk pemilihan Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD provinsi Jawa Timur dan  DPRD Kabupaten Lumajang. Kegiatan pemusnahan surat suara rusak itu dilaksanakan dikantor KPUD Lumajang, Selasa (16/04).

Ketua KPUD Lumajang Siti Mudawiyah menjelaskan, rincian dari 1.001 lembar surat suara yang rusak, 62 lembar surat suara untuk Capres dan Cawapres, 80 lembar untuk surat suara DPD, 278 lembar DPR RI, 115 lembar DPRD Provinsi Jawa Timur dan terbanyak DPRD Kabupaten Lumajang 466 lembar.

“Pembakaran suarat suara itu harus dilakukan sesuai aturan, agar tidak ada penyalahgunaan,” jelas Ketua KPUD Lumajang Siti Mudawiyah, Selasa (16/04).

Masih kata Siti Mudawiyah, ada dua penyebab rusaknya surat suara, pertama kerusakan seperti kertas sobek, tinta meluber dan kertas tidak presisi.

Dan yang kedua, kertas surat suara rusak pada saat penditribusian dan ratusan surat suara basah akibat terkena air hujan ketika pengiriman ke wilayah Kecamatan Klakah. Yang mana air hujan merembes ke bak truk meski truk tersebut sudah ditutup terpal.

“Terkait dengan kejadian ini KPUDLumajang sudah mengajukan kekurangan dan hari ini sudah lengkap dan tidak ada kendala,” pungkasnya.

Reporter : Ulum

Editor : Richard

#lumajang #Pemilu 2019 #surat suara rusak dibakar

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply