Rabu, Januari 27, 2021
Beranda EKONOMI Kripik Kulit Semangka Kediri Gurih dan Krispi Bervitamin B - C

Kripik Kulit Semangka Kediri Gurih dan Krispi Bervitamin B – C

REPORTERMuajijin/jin
Ilham Romadhon Mahasiswa Udayana Bali asal Kediri Pernah Meneliti Manfaat Kulit Semangka

KABAR RAKYAT – Kulit semangka biasanya hanya berakhir di tempat pembuangan sampah atau menjadi pakan ternak. Namun di tangan Ilham Romadhon warga Desa Gayam Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, kulit semangka justru menjadi olahan keripik yang gurih dan krispi.

Ide membuat keripik dari kulit semangka berawal dari proses belajar mengajar di universitas yang diliburkan. Karena Ilham merupakan mahasiswa di Udayana Bali. Saat di rumah ia melihat banyak kulit semangka yang terbuang percuma dan mencemari lingkungan.

“Saya dulu pernah melakukan penelitian tentang manfaat kulit semangka. Ternyata kulit semangka banyak sekali mengandung vitamin B dan C. Lalu saya berinovasi mengolah kulit semangka ia jadikan aneka olahan kripik krispi.”terang Ilham Romadhon di sela-sela aktivitasnya mengolah keripik dari kulit semangka, Jumat (27/11/2020).

Untuk menarik minat konsumen, Ilham sengaja menjadikan kripik semangka dengan beberapa varian rasa. Seperti original, rasa balado pedas, rasa jagung dan rasa keju. Kini setelah satu bulan berjalan, kripik semangka hasil produksi Ilham sudah mulai banyak dipesan oleh konsumen.

“Alhamdulillah setelah saya posting di media sosial sekarang mulai banyak pesanan.”tambah Ilham.

Pihak desa setempat sangat mendukung usaha produksi kripik semangka milik Ilham. Pihak desa juga membantu pemasaran produk kripik semangka tersebut. Apalagi di masa pandemi saat ini, usaha kripik semangka milik Ilhamham juga bisa memberikan pekerjaan bagi para tetangganya.

“Kami sangat mengapresiasi inovasi dari Mas Ilham. Dan untuk pemasaran kami sediakan stand di kawasan wisata di wilayah kami”ujar Susilo, Kepala Desa Gayam.

Proses pembuatan keripik ini juga mudah. Kulit semangka diiris tipis-tipis. Selanjutnya irisan kulit semangka dicuci hingga bersih. Dan setelah itu dikasih aneka rasa dan digoreng lalu dikemas dalam plastik.

Dalam satu bulan, Ilham mampu membuat 1200 bungkus kripik semangka dengan ukuran 90 gram, dan dijual dengan harga 7 ribu rupiah saja.***

 

Ket foto: proses pengemasan kripik kulit semangka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca