Kue Manis HPN Dan Doa Sang Ulama Dibalik Pondok Pesatren

  • Whatsapp
IMG_20200212_104413
Aksi Bansos jurnalis Probolinggo di Pondok Pesantren.

KabarRakyat.ID – Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 Tahun 2020 di Probolinggo diisi beragam kegiatan mulai upacara bendera diteruskan dengan aksi berbagi dengan santriwati 4 pondok Pesantren di Kabupaten Probolinggo menjadi pembeda. Kegiatan social berlangsung sejak 12-13 Ferbuari blusukan ke pondok pesantren cukup mendapat sambutan hangat dari pengasuh pesantren.

Geliat aksi social oleh wartawan di Probolinggo Raya sungguh sesuatu yang baru. Kegiatan yang dilangsungkan selama dua hari  cukup berkesan. Sambutan hangat Santriwati dan pengasuh pondok pesantren seolah menjadi oase ditengah sibuknya jam kerja awak media di Probolinggo. Awal kegiatan kami di Ponpes tahfidz Assafiiyah Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih. Aksi para jurnalis langsung disambut pengasuh dan santriwati dengan ramah.

Read More

banner 645x400

Hal yang tidak dinyana niat kami ingin berbagi malah diberikan sambutan diluar dugaan. Misalnya saat kami mendatangi   Ponpes Tarbiyatul Ihsan Bani Rancang, Desa Lemah Kembar, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Begitu kami mengetuk pintu gerbang sedetik itu juga ratusan santriwati menyambut kami dengan lagu Happy Briday dan kue tar ukuran besar nan indah. Kami terperangah terenyuh bahkan dari kami semenetekan air mata karena bahagia. Susana ini lama tidak kami rasakan dalam suasana kebersamaan yang indah.

“ Ini yang membuat teman-teman jurnalis sempat terenyuh dan tak mampu mengucapkan kata-kata,”ujar Dandi Arigafur reporter SCTV. Beda lagi yang dirasakan Farid Fahlevi dari JTV, niat kami kesini mau member tapi malah diberi supraise oleh anak-anak santriwati Ponpes Bani Rancang. “ Rasane banyu moto kate metu, sungguh tidak terduga mereka juga peduli dengan jurnalis, terima kasih santri,” ungkap Farid.

Malahan salah satu wartawan Radar Bromo Ridhomawati saat pulang mendapat buah tangan bunga angrek sebagai ungkapan terima kasih pengasuh pesantren Bani Rancang. Kesan luar dasyat dari balik tembok Pondok pesantren memberikan kami amunisi untuk terus bekerja secara professional. Lelah pun serasa hilang seneng, mereka menyabut kita dengan hangat dan tentu kami semua wartawan Probolinggo tidak menyangka,” ucap Ridhowati. Moment ini pun menjadi ajang selfi oleh santriwati maupun wartawan. Suasana kekeluargaan menjadi magnet kami untuk berlama-lama disana.

KH.Nurul Huda bersama putrinya Uswatun Hasanah Pengasuh Ponpes Tarbiyatul ihsan mengatakan, pihaknya merasa senang ada kunjungan wartawan khusunya para santriwati. Mereka mengaku baru kali pertama melihat sang pembuat berita di media baik televise maupun Koran atau mediaonline. “ Alhamdullilah Ponpes kami mendapat perhatian wartawan Probolinggo dan bisa mengenal dekat dengan anak asuh kami. Semoga kegiatan ini menjadi berkah karena masih bisa berbagi,” kata KH. Nurul Huda.

Hal Yang sama saat kami mengunjungi Ponpes Ponpes Badridduja, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo rombongan kami disambut KH.Tauhidullah Badri merasa kagum dengan kegiatan social yang dilakukan di Pondok pesantren dalam rangka Hari Pers Nasional.

“ Sunggung menjadi kehormatan Ponpes kami dijadikan rujukan untuk kegiatan social dalam rangka Hari Pers Nasional. Ini kali pertama kami menerima kegiatan dari wartawan Probolinggo. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan membawa berkah bagi saudara-saudara semuanya. Selamat Hari Pers Nasional ke 74,” ungkap KH.Tauhidullah Badri.

Sebelum  rombongan wartawan Probolinggo pulang didoakan oleh KH. Tauhidullah, sungguh sesuatu yang membuat kami merasa spesial. Kami masih kembali melanjutkan blusukan ke Ponpes di Kecamatan Besuk. Ponpes Bahrul Ulum kami ditemui Ustad Ubaidillah S.Pd, langsung digiring ke ruang kelas menemui santriwati yang tengah belajar. Kegiatan kami memotong sedikit waktu mereka belajar. Tapi tak apalah toh kami ingin berbagi kepedulian hehehehhe..

Sama dengan Ponpes yang lain kami membagikan ratusan potong pakaian muslimah untuk digunakan kegiatan di pondok pesatren. Ubaidillah Dewan Pengasuh mengatakan, pihaknya merasa berterima kasih atas aksi social para jurnalis. Sebab masih banyak santri memerlukan dukungan karena keterbatas ekonomi keluarga. Disisi lain, Ponpes Bahrul Ulum menginginkan dukungan SDM dalam pembelajaran Jurnalistik. Permohonan Ubaidillah langsung di iyakan oleh sebagian besar wartawan yang ikut dalam kegiatan blusukan ini. Kegiatan Bantuan social kami berjalan lancar berkat dukungan Lila Catering yang merasa besar karena dukungan pemberitaan wartawan dan menjadi sponsor  kegiatan HPN 2020.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *