Sunday, October 25, 2020
Home NASIONAL PERTAHANAN Kukuhkan Babinpotmar, Lanal Lhokseumawe Dukung Kampung Bahari Nusantara dan Ketahanan Pangan

Kukuhkan Babinpotmar, Lanal Lhokseumawe Dukung Kampung Bahari Nusantara dan Ketahanan Pangan

REPORTERHar
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lhokseumawe Letkol Laut (P) Dimmi Oumry, pimpin upacara pengukuhan Bintara Lanal sebagai Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) di Mako Lanal, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (24/8/2020).

Danlanal Lhokseumawe dalam sambutannya, bahwa keberadaan Babinpotmar perwujudan dari tugas TNI AL menurut Pasal 9 UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI adalah melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) melalui kegiatan pengembangan dan pembinaan potensi maritim.

Baca: HKTI Banyuwangi Siapkan Program Penguatan Modal Petani Kopi 

Tugas yang dibebankan Babinpotmar adalah melaksanakan fungsi pembinaan potensi maritim dan bertugas pokok melatih rakyat menyuluh bidang pertahanan laut serta pengawasan fasilitas dan prasarana pertahanan di pesisir. Membantu negara demi terlaksana kegiatan Komponen Cadangan (Komcad) dan Komponen Dukungan (Komduk).

Juga untuk mendukung perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi maritim dengan segenap unsur geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang demi kepentingan pertahanan negara.

Baca: Gubernur Khofifah Sinergi Rekonsiliasi Program Kemensos dan Kemendes

Untuk itu pada tanggal 5 Agustus 2020, Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono telah mengukuhkan Babinpotmar di Pos TNI AL Tanjung Pasir Tangerang Banten sebagai tanda resminya kegiatan Babinpotmar di wilayah kerja masing-masing.

Pangkalan TNI AL Lhokseumawe

Babinpotmar ini sejajar dengan Babinsa dan Babinkamtibmas yang berkedudukan di tiap-tiap Pos TNI Angkatan Laut (Posal).

Baca: Mahasiswa Kedokteran UMM Tingkatkan Perekonomian Desa Sumberagung, Tuban

Babinpotmar Lanal Lhokseumawe sendiri adalah para anggota yang sehari-hari bertugas di Pos-pos TNI AL jajaran Lanal Lhokseumawe yang terdiri dari Posal, Posmat termasuk anggota Staf Potmar Lanal Lhokseumawe.

Pesan Danlanal, agar kepercayaan yang diberikan untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Babinpotmar benar-benar dilaksanakan dengan baik, penuh tanggung jawab dan sungguh-sungguh bertugas secara profesional.

Baca: Kapolresta Banyuwangi Gagas Songgon Coffee Camp untuk Pemulihan Ekonomi Mikro

“Hindari perbuatan tercela yang dapat mencoreng nama baik Babinpotmar terutama membawa nama TNI AL pada umumnya dan Lanal Lhokseumawe pada khususnya”, pungkas Danlanal Lhokseumawe.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca