Rabu, November 25, 2020
Beranda JATIM KAB KEDIRI Kuliner Klepon Wonosari Bertahan Hadapi Pandemi

Kuliner Klepon Wonosari Bertahan Hadapi Pandemi

REPORTERMajijin/Jin

KABAR RAKYAT – Usaha rumahan kuliner klepon, Desa Wonosari, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri masih bertahan di tengah pandemi. Meskipun UMKM kuliner merasakan dampak sosial ekonomi dari pandemi.

Jajanan Klepon, Wonosari memiliki rasa khas, sehingga konsumen sebelum Covid-19 dari luar kota kediri. Usaha jajan tradisional di Desa Wonosari berlangsung turun temurun sejak puluhan tahun lalu.

Sri Winarni, pemilik usaha Klepon asal Wonosari, “Agar tidak merugi, penurunan omzet, kami siasati dengan mengurangi produksi kleponnya. Biasanya sehari menghabisakan 30 kg adonan, namun pandemi ini, produksi klepon berkisar antara 20 hingga 25 kg adonan.

Baca : Pulang Rumah, Pasien Sembuh Covid-19 Nyaris Ditolak Warga

“Adonan ini dibuat langsung dan tidak disimpan didalam lemari pendingin. Kita membuatnya bertahap, tidak langsung banyak. Adonan hanya dibuat sedikit-sedikit, Jadi pembeli merasakan kleponnya segar,” ujarnya, Rabu (4/11/2020).

Sri Winarni, pedagang kuliner Klepon Wonosari Kediri.

Di masa pandemi ini, depot klepon Wonosari juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pedagang dan pelayannya pakai masker atau pelindung wajah, tempat cuci tangan, duduk kursi berjarak. Sehingga pembeli nyaman sembari nikmati hidangan.

Seorang pembeli, Linda Kusuma mengaku tidak khawatir jika membeli klepon di Klepon Wonosari ini. Selain jarak antar meja yang jauh, tempat nya juga bersih.

Baca : Banyuwangi Dikucuri 10 Miliar Dana Hibah Pariwisata dari Pusat

“Tadi pergi kesini, kondisi badan saya sehat, jadi ya aman-aman saja. Lagipula disini, tempatnya bersih dan makanannya harganya juga terjangkau. Jadi menyenangkan, seperti kembali ke jaman tradisional,” ucap Linda Kusuma.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca