Lamptim Jadi Pameran Koperasi dan UMKM Se Lampung

  • Whatsapp

KABARRAKYAT.ID Kabupaten Lampung Timur mendapat kehormatan jadi tuan rumah acara Peringatan Hari Koperasi Ke-71 Provinsi Lampung dan Festival Kain Tradisional Tahun 2018 dua hari, 27-28 September 2018, bertempat di Lapangan Merdeka Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Kamis (27/09/2018).

Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, dan Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Satria Alam, SE, M.Si Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Provinsi Lampung, Hery Suliyanto dalam kapasitasnya mewakili Gubernur Lampung, Kepala Dinas Koperasi Lampung Timur, Budi Yul Hartono, serta para kepala dinas dan penggiat koperasi se Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya

Tema Hari Koperasi kali ini, “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional” itu digelar berbagai pameran produk hasil binaan koperasi masing-masing daerah kota/kabupaten se Provinsi Lampung.

Jumlah koperasi di Lampung sebanyak 5432 unit, dan dari total tersebut 54% atau 2802 unit diantaranya yang masih aktif sampai saat ini.

Selain diisi dengan berbagai macam pameran produk hasil binaan koperasi masing-masing daerah, pada peringatan hari koperasi tersebut dilakukan pula penyerahan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kepada empat Koperasi berupa fasilitas pembuatan akte pendirian koperasi. Selain itu Pemerintah Provinsi Lampung juga turut memberikan bantuan dan penghargaan berupa perkuatan permodalan KUMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) kepada 3 UKM dan Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi Lampung dimana dua diantaranya merupakan Koperasi Lampung Timur yakni KSPPS BMT Utama Jaya Abadi dan KSPPS BMT Baskara Asri Sejati.

Baca juga : DPRD Jadwakkan Paripurna Istimewa Pelantikan PAW

Dalam sambutannya Bupati Lampung Timur, menyampaikan bahwa Lampung Timur akan menjadi Pilot Project PAUD Berbasis Koperasi.

“Kemarin baru rapat dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), pak Harris Iskandar, kita menggagas insyallah Lampung Timur akan menjadi Pilot Project PAUD berbasis koperasi. Ini merupakan pertama kalinya di Lampung dan bahkan di tingkat nasional pun masih sedikit, tujuannya yaitu kita ingin menanamkan tentang pentingnya koperasi sejak dini,”.jelasnya.

“Kita harapkan pada momen Hari Ulang Tahun Ke 71 koperasi kita jadikan betul-betul menjadi moment kebangkitan koperasi di Lampung Timur khususnya dan Lampung pada umumnya sehingga manfaatnya benar-benar nyata ditengah-tengah masyarakat,” imbuh Chusnunia.

Sedang, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat baik untuk mendorong pariwisata daerah.

“Pameran produk unggulan dan Festival Kain Tradisional ini merupakan dua hal untuk menjadi penopang dan pendorong pariwisata. Karena kain tradisional yang ada disini tentunya tidak ada di daerah lain, sehingga hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kualitas kain tradisional yang ada di Lampung ini bisa berkenan dihati para turis. Hal itu bisa meningkatkan perekonomian Provinsi Lampung,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan Festival Kain Tradisional berupa parade kain tradisional dan tarian masal anak-anak SMA pekalongan, dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan peresmian produk-produk unggulan KUMKM serta peninjauan stand pameran.

Reporter : Aini

Editor : Coi/Choiri

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *