Ledokombo Desa Rawan Bencana Malah Raih Penghargaan Gubernur

  • Whatsapp
Penghargaan Probolinggo
Penghargaan Probolinggo

Foto : Bupati Probolinggo Tantriana Sari saat menerima penghargaan Desa Tangguh Bencana dari gubernur Jatim, Jumat(12/10/2018).

KABARRAKYAT.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan tertinggi untuk Desa Ledokombo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, sebagai Desa Tangguh Bencana. Letaknya yang berada lereng bagian timur gunung Bromo membuat Desa Ledokombo, kawasan yang sangat rawan bencana erupsi vulkanik dan longsor.

Bertempat di halaman gedung Grahadi Surabaya, Bupati Probolinggo Hj. Tantri Hasan Aminuddin menerima penghargaan Desa Tangguh Bencana Terbaik Kategori Partisipatif Tingkat Utama Provinsi Jawa Timur Tahun 2018. Penghargaan tahunan ini diserahkan oleh Gubernur Soekarwo saat Upacara peringatan ke -73 Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, jum’at 12/10.

Prestasi membanggakan ini setelah Pemkab Probolinggo menjadikan Desa Ledokombo, Kecamatan Sumber, sebagai peserta lomba Destana (Desa Tangguh Bencana) tahun 2018.
Ledokombo termasuk daerah resiko bencana tinggi erupsi dan tanah longsor. Namun, Desa Ledokombo juga dikenal sebagai Desa produktif, sentra terbesar penghasil sayur mayur.

Baca juga:

Peran serta masyarakat dan pemerintah yang sangat peduli dan tanggap terhadap bencana menjadikan Desa ini mendapat perhatian lebih dari tim penilai dari provinsi Jawa Timur.

Prestasi desa tangguh bencana ini memang selalu di raih Pemkab Probolinggo selama 3 tahun terkahir, yang awalnya hanya tingkat pratama , madya dan akhirnya kini mencapai tingkat utama yang akan mengantarkan Kab. Probolinggo akan mewakili Kab/kota di jawa timur untuk penilaian di tingkat Nasional.

“Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Desa Ledokombo, khususnya Pemkab Probolinggo. Penghargaan ini sepatutnya di contoh oleh semua Desa di Probolinggo”, kata Bupati Tantriana Sari usai menerima pemghargaan dari Gubernur, Jumat (12/10/2018).

Reporter: Richard
Sumber: Kominfo kab. Probolinggo
Editor: Choiri

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *