Lembaga SMA/SMK Minta Pendampingan Kejaksaan

74 views
banner 468x60)

This slideshow requires JavaScript.

KABARRAKYAT.ID – Pendampingan terhadap transparansi penggunaan dana di dunia pendidikan terus berlanjut. Kali ini pengelola SMA/SMK yang meminta pendamping dari Kejaksaan Negeri Banyuwangi terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang disinyalir rawan korupsi dan penyalahgunaan.

“Guru-guru itu meminta perlindungan terhadap kebebasan penggunaan dana BOS. Karena ternyata disini juga ada permasalahan yang lebih kompleks lagi, ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab baik itu LSM dan pihak penerbit yang memasukkan produk-produk merekan secara paksa,” kata Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Bagus Adi Saputra.

Parahnya, apabila tidak dipenuhi mereka pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ini membuat laporan.

“Jika tidak dipenuhi, mereka membuat laporan. Sudah ada 10 laporan yang diterima kejaksaan. Dan LSM ini juga bertindak sebagai penerbit buku, bahkan mereka mengatasnamakan dinas dan kejaksaan,” ungkapnya.

Baca juga:

“Modus yang dilakukan penerbit adalah mendatangi sekolah untuk meminta secara langsung untuk membeli buku dan barang-barang lainnya, penggunaan dana BOS tidak sesuai dengan peruntuka, serta ketidak tahuan penggunaan dana BOS di sekolah itu disalahgunakan sehingga berpotensi teejadinya tindak pidana korupsi. Intinya, pengeluaran yang seharusnya tidak ada dalam BOS, akhirnya mereka mencari-cari,” imbuhnya.

Menurut Kepala UPT SMK Negeri Ihya Ulumudin Singojuruh, Gatot Kurnianta, pendampingan dari kejaksaan ini merupakan harapan positif dari para guru dalam penggunan dana BOS. Agar tidak terjadi penyalahgunaan anggaran.

“Kami sangat apresiatif dengan adanya pendampingan dari kejaksaan terkait pengelolaan penggunaan anggaran di sekolah. Karena sementara ini, kami yang ada di sekolah ini masih buta dengan akses hukum,” ucap Gatot Kurnianta.

Pihaknya juga berharap ada kemitraan yang baik antara sekolah dengan kejaksaan maupun rekan-rekan media dan LSM.

“Kami berharap ada kemitraan yang baik. Karena di dunia pendidikan ini butuh pengembangan dan pencerahan maupun media-media yang menguatkan bahwa kita ada kemajuan-kemajuan di bidang pendidikan,” harapnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri/Setiawan

banner 468x60)

#Kejaksaan #Lembaga Pendidikan #pendampingan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply