Lewat Razia Senyap, Satlantas Polresta Banyuwangi Jaring 84 Motor Protolan

  • Whatsapp
IMG-20180430-WA0035
Ratusan motor tidak standar disita. (dok/KabarRakyat.ID)
Warga mengeluh maraknya balap liar.

KabarRakyat.ID – Satlantas Polresta Banyuwangi berhasil mengamankan sepeda motor protolan yang diduga untuk balap liar. 84 motor tidak sesuai standar itu, diamankan dalam razia senyap dengan sandi Hunting System berkeliling kota.

Razia Unit Sat. Lantas itu, dilaksanak dua hari berturut-turut, Sabtu (11/1) malam hingga Minggu (12/1) dini hari.

Read More

“Merespons pengaduan masyarakat terkait balap liar. Satlantas Polresta (Banyuwangi) melakukan razia senyap,” kata IPTU Dalyono, KBO Satlantas Polresta Banyuwangi kepada wartawan, Minggu (12/1/2020).

Razia melibatkan 100 personil Satlantas disebar ke beberapa titik lokasi tempat berkumpulnya anak-anak muda. Untuk menyiasati, razia tidak terbongkar. Satlantas menyamar, berboncengan dengan personil lainnya. Tidak dilakukan berkelompok dengan menggunakan mobil patroli.

Setiap pengendara motor yang tak ber-helm maupun kendaraan yang tak sesuai spek langsung dihentikan petugas untuk diperiksa surat-suratnya. Mereka yang terkena razia langsung dibawa ke Mapolresta Banyuwangi untuk ditilang.

Selain tilang, aparat juga memberikan sanksi berupa push up untuk para pelanggar tersebut. “Ini untuk memberikan efek jera kepada anak-anak muda yang suka balapan. Untuk kendaraan yang tak diganti sesuai spek atau tak bisa menunjukkan surat-surat kami tahan dulu,” imbuhnya.

Dalam razia ini, polisi juga melakukan pemeriksaan barang bawaan pelanggar. Alhasil, petugas menemukan dua botol miras jenis arak Bali yang disimpan di dalam jok motor. Pemilik berdalih miras tersebut untuk menghangatkan badan saat memancing di laut.

Razia seperti ini bakal terus dilakukan Satlantas Polresta Banyuwangi. Petugas akan melakukan razia secara acak dan waktu yang berbeda. Razia ini diintensifkan menyusul banyaknya keluhan ajang balap liar yang digelar malam hari hingga dini hari.

Reporter: */Jaenudin

Editor: Choiri

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *