Libur Akhir Pekan Kemana? Manjakan Selera Makanmu Hanya di ‘Festival Pasar Wisata Kuliner’ Banyuwangi

  • Whatsapp
kuliner Ilustrasi
Kuliner ft. istimewa

KabarRakyat.ID – Inovasi baru mendongkrak pariwisata dengan kuliner. Kini dikemas oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, berkerjasama dengan pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) kuliner.

Diberi nama, Festival Pasar Wisata Kuliner, akan dilaksanakan Sabtu, 29 Februari 2020 akan jadi pilihan liburan akhir pekan anda bersama keluarga dan kerabat. Dimana? Catat dan ingat tempatnya, di Jalan Bangka, Kelurahan Lateng, Banyuwangi.

Read More

banner 645x400

Dikutip dari situs Pemkab setempat, festival ini bakal menampilkan beragam pasar tematik kuliner yang ada di Banyuwangi dalam satu tempat. Mulai Arabian street food, pecinan street food, hingga pasar jajanan bengi Olehsari dan pasar Samar Wulou yang menjual aneka masakan tradisional ala Banyuwangi.

Festival tersebut merupakan salah satu agenda anyar dalam rangkaian 123 event Banyuwangi Festival (B-Fest). Dalam festival ini, pengunjung akan diajak berakhir pekan sembari menikmati ragam kuliner yang selama ini dijajakan di sejumlah pasar tematik di Banyuwangi. Ada nasi kebuli, kebab, dimsum, lontong cap go meh, rujak soto, kupat lodoh, dan masih banyak lainnya. Pengunjung juga bakal disuguhi atraksi-atraksi menarik yang dijamin sangat menghibur.

Dikatakan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, festival pasar wisata kuliner ini adalah upaya pemkab untuk mengangkat pasar kuliner rakyat yang belakangan mulai tumbuh. Pasar kuliner ini tumbuh atas inisiasi dari warga desa sebagai respon atas aktivitas pariwisata di Banyuwangi yang terus meningkat.

Baca juga: Jelang Festival Bupati Ngunduh Mantu, Pemkab Trenggalek Mengisbath Nikahkan 260 Pasutri Hasil Pernikahan Sirri

“Ajang ini adalah media untuk mempromosikan pasar-pasar kuliner di Banyuwangi. Dengan harapan, pasar ini bisa semakin berkembang sehingga menjadi lapak untuk menggerakkan ekonomi rakyat,” kata Anas.

Selama ini,  Pasar Tematik Kuliner tersebar di berbagai lokasi di Banyuwangi yang rutin buka setiap pekan. Seperti Arabian Street Food yang menjual aneka makanan khas Timur Tengah seperti nasi kebuli, biryani, kebab. Ada juga Pecinan Street Food yang menjual aneka makanan oriental seperti dimsum, lontong cap gomeh.

Ada juga Pasar Wit witan dengan menu khas Geseng Bangsong di Kecamatan Singojuruh. Pasar ini buka secara rutin setiap hari Minggu mulai pukul 06.00-12.00 Wib. Juga ada Pasar Jajanan Olehsari yang menjual aneka makanan tradisional Banyuwangi di Kecamatan Glagah. Pasar ini hanya buka satu minggu sekali, yakni pada Sabtu malam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi M.Y Bramuda menjelaskan, meskipun festival Pasar Kuliner dipusatkan di satu lokasi, namun beberapa pasar kuliner rakyat juga tetap buka di lokasinya masing-masing. Seperti Pasar Samar Wulou di Rogojampi dan jajanan bengi di Olehsari Glagah.

Dalam kesempatan itu, juga akan dilakukan peluncuran aplikasi wisata “Piknik Banyuwangi”. Aplikasi tersebut bisa menjadi panduan wisatawan untuk menemukan lokasi destinasi wisata, jadwal Banyuwangi Festival, dan ragam kuliner yang ditawarkan di berbagai pasar kuliner.

Reporter: */hms

Editor: Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *