Lima Desa Lingkar Tambang Dapat Bantuan Dana PT. BSI

Lima Desa Lingkar Tambang Dapat Bantuan Dana Dari PT. BSI

KabarRakyat.ID – Lima Desa Lingkar Tambang di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi Jawa Timur digelontor dana Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bukan hibah atau Dana CSR oleh PT. Bumi Suksesindo (BSI), Selasa (19/11/2019).

Dikonfirmasi Ketua BPD Desa Pesanggaran Heri Prastiyo mengatakan benar Kepala Desa Sekecamatan Pesanggaran beberapa bulan yang lalu, sebelum Februari 2019, melakukan komunikasi dengan management perusahaan pemilik konsesi pertambangan.

Dijelaskan Heri Prasetyo, bahwa Departement Exsternal Affair, lima kepala desa sekecamatan Pesanggaran. Pesanggaran, Sumber Mulyo, Sumberagung, Kandangan Dan Sarongan. Keduanya, terus membangun komunikasi.

Lima desa di Pesanggaran, adalah desa penyangga masuk zona merah. Apabila terjadi dampak negatif dari kegiatan pertambangan yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan di Tumpang Pitu Projeck.

Hasil Komunikasi ini, kemudian mendapat tanggapan baik dari perusahaan, terbukti pada tanggal, 04 Februari 2019, Sebuah Surat pemberitahuan yang dikirimkan oleh perusahaan kepada masing-masing kepala Desa bernomor. 021/BSI-PPM/EA/2019, berisi tentang Pemberitahuan Alokasi Dana PPM PT. BSI kedalam APBDes.

“Dalam surat tersebut PT. BSI berkomitmen untuk membantu peningkatan dan percepatan program pembangunan ekonomi di Desa dan mulai tahun 2019 perusahaan akan mengalokasikan sebagian dana untuk program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) sebesar Rp. 465 juta,” kata Heri Prastiyo.

Heri Prastiyo menambahkan Untuk mendapatkan Pengalokasian Dana PPM, PT. BSI mensyaratkan beberapa hal, diantaranya dana tersebut harus masuk dalam APBDes dan akan diberikan melalui tiga tahapan melalui via transfer ke rekening desa ( RkD).

Dengan terlebih dahulu Pemdes harus mengajukan Draf Rencana Kegiatan penggunaan alokasi Dana tersebut. Yang dimaksudkan dalam hal ini adalah RKPDes yang sudah ditandatangani oleh para pihak termasuk Juknis usulan kegiatan telah di Musdeskan dan mengacu pada RPJMDes.

Perusahan PT. BSI juga berharap dalam penggunaan dana ini, program/aktivitas/ proyek yang akan dilakukan tidak mengalami tumpang tindih dengan kegiatan yang sumber anggarannya yang berasal dari DD/ADD yang mengacu pada UU No. 6 tahun 2014 serta Permendagri No. 20 Tahun 2018, dan selain dari program penggelontoran dana PPM ke Pemdes Sekecamatan Pesanggaran.

“PT. BSI juga tetap akan melaksanakan program PPM dengan skema pendanaanya yang dilaksanaknan oleh Departement Exsternal Affair maupun lembaga mitra yang besar anggarannya akan disesuaikan secara proporsional,” jelas Ketua BPD Pesanggaran.

Sedangkan Dana PPM dialokasikan ke empat wilayah Dusun yang ada di Desa Pesanggaran yaitu Dusun Ringin Sari, Dusun Ringin agung, Dusun Ringin Mulyo dan Dusun Krajan Dana PPM itu bagian dari dana CSR, istilah PPM dibedakan dan dibuat oleh Kementerian ESDM Jakarta, pungkasnya.

Reporter: Jaenudi

Editor: Richard

banner 970x90









Loading...

#BSI #Masyarakat #Program Pemberdayaan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply