Monday, October 26, 2020
Home BERITA Literatur Buku di Dispusip Kabupaten Blitar, Tumbuhkan Ekonomi Kerakyatan

Literatur Buku di Dispusip Kabupaten Blitar, Tumbuhkan Ekonomi Kerakyatan

- Advertisement -

KabarRakyat.ID – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Blitar, Jawa Timur di era perkembangan zaman serba modern masih tetap eksis melakukan kegiatan berbau positif walaupun sebagian masyarakat sudah beralih memanfaatkan teknologi dibanding berkunjung ke perpustakaan.

Kali ini Dispusip Kabupaten Blitar mengajak masyarakat untuk menerapkan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial atau suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan.

Kabid Pelayanan dan Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Dispusip Kabupaten Blitar, Yohanez Diaz Joyoharjo mengatakan keberadaan perpustakaan daerah di era generasi 4.0 tidak harus sebagai pusat informasi maupun menambah wawasan saja, melainkan sebagai tempat atau wadah untuk mengembangkan potensi ketrampilan sesuai dengan kemampuan setiap individu.

“Perpustakaan di Kabupaten Blitar terus berupaya untuk melakukan perbaikan dan perubahan konsep agar masyarakatnya semakin mengikuti perkembangan zaman”. Terang Yohanez

Pihaknya meyakini adanya tranformasi di perpustakaan daerah bisa memberikan perubahan positif bagi lingkungan sekitar, terutama dalam memperbaiki taraf hidup masyarakat yang mengikuti program tersebut.

“Banyak masyarakat setempat setelah menerapkan literasi ini bisa menghasilkan produk rumahan seperti rajut tas, memanfaatkan barang bekas diolah menjadi produk bernilai tinggi dan lain lain”. Ungkap Yohanez

Selain itu manfaatnya sebagai bentuk dorongan untuk menjaga dan melestarikan minat baca sejak usia dini, karena Dispusip Kabupaten Blitar juga memberikan materi menarik bagi pelajar tingkat PAUD maupun SD, diantaranya mendongeng, membuat puisi dan bercerita.

Reporter : Arif/ Rik 

Editor : Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca