Lomba Tari Tradisional, Ini Cara A&R Lestarikan Budaya Daerah

  • Whatsapp
Lomba tari ala a&r (2)
Tari Gandrung

KabarRakyat.ID – Lucu serta enggemaskan, itulah yang tergambar jelas ketika anak-anak seusia TK menari-nari diatas panggung lomba tari tradisional yang digelar di A&R Fashion Store Banyuwangi, Minggu (23/2/2020).

Supervisor dan Marketing Komunikasi A&R Store Banyuwangi Adji Sosro. SW mengatakan, beragam lomba kreasi seni tari disajikan bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas anak. Mulai dari tari gandrung, jaranan, kuntulan, ciblungan, jaripah, dan lainnya yang dilombakan dalam tiga kategori. Kategori TK, SD, dan SMP.

Read More

“Alhamdulillah animo masyarakat sangat bagus. Ada 61 peserta atau grup yang mengikuti. Kategori TK sebanyak 13 grup, kategori SD 12 grup, dan kategori SMP sebanyak 36 grup,” kata Adji ditemui disela-sela kegiatan.

Menurutnya, acara ini bertujuan untuk mendidik anak-anak lebih mencintai seni budaya sejak dini dengan meningkatkan kreatifitasnya. “Tujuan acara ini untuk meningkatkan kreatifitas anak, khususnya di bidang seni. Anak-anak yang punya bakat diasah sejak dini,” jelasnya.

Selain lomba tari, kata Adji, juga digelar lomba fashion serta lomba karaoke yang digelar sehari sebelumnya.

Lomba tari ala a&r (1)
Tari jaranan Buto

Sebelum hari-H, masih Adji, para peserta diwajibkan mendaftar dan mengikuti technical meeting. Dalam satu grup diisi maksimal tujuh orang. Selanjutnya mereka para peserta yang sudah terbagi dalam kategori, akan membawakan tarian yang sudah ditentukan panitia.

Masing-masing kategori, diambil enam pemenang. Mereka akan merebutkan tropi, uang tunai serta bingkisan menarik. Selain juara 1,2,3, kata Adji, juga disiapkan tropi juara umum dan juara nominasi.

“Selain hadiah dan tropi, setiap peserta akan mendapat produk Teh Pucuk dan Tora Cafe,” imbuhnya.

Melalui lomba ini, Adji juga berharap, anak-anak dapat lebih mencintai budaya daerahnya. Sehingga ada penerus yang mempertahankan adat dan budaya suatu daerah, serta bisa mengenal nilai-nilai budaya warisan nenek moyang.

Acara ini, Adji menambahkan, diselenggarakan oleh A&R Fashion Store dan Teh Pucuk Harum yang berkolaborasi dengan Tya production serta didukung oleh beberapa sponsor lainnya yakni, Kabar Rakyat.ID, Osing Deles, Mirah hotel , Grand harvest, Naavagreen, Hilo School, Inez kosmetik, Toracafe, Sari Roti, Siga Production, R-Max, Djajanleker, Jaran Goyang, D&R , Wijaya printing, Java Sunrise dan lainnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Richard

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *