LPj Alokasi Dana Desa dan Dana Desa Harus Tuntas 30 Januari

80 views
banner 468x60)

Plt. DPMPD Kabupaten Banyuwangi Zen Kastolani:

Kepala Desa wajib membuat laporan pertanggungjawaban dan selambat-lambatnya harus diserahkan pada tanggal 30 Januari 2018 ini

KABARRAKYAT, BANYUWANGI – Memasuki awal tahun 2018, masih belum ada desa yang menyetorkan laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaan program Alokasi Dana Desa (ADD) dan  Dana Desa (DD) kepada Dinas Pemberdayaan Masyakarat dan Desa (DPM-D) Banyuwangi. Pemerintah Banyuwangi memberi tenggat waktu hingga 30 Januari 2018 untuk LPj desa tuntas disetorkan.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Banyuwangi, Zen Kostolani mengatakan, perencanaannya dilakukan bersama dengan BPD dan Masyarakat untuk dievaluasi dan selanjutnya pada akhir tahun, Kepala Desa wajib membuat laporan pertanggungjawaban dan selambat-lambatnya harus diserahkan pada tanggal 30 Januari 2018 ini. Namun, hingga kini masih belum ada laporan pertanggungjawaban dari desa yang diserahkan ke DPMPD. Mungkin sudah ada yang melakukan tapi belum ada yang melaporkan.

Baca juga : Polsek Gambiran Paritisipasi Pengawasan Anggara Dana Desa

Pihaknya DPMPD sudah meminta kepada desa. Bahkan untuk masa jabatannya yang akan berakhir, enam bulan sebelumnya sudah harus melakukan. DPMPD maupun masing-masing Camat juga berwenang mengawasi, mengamati, dan mengingatkan untuk segera mempersiapkan pembuatan pelaporan, terutama mengawasi jalannya proses perencanaan, pelaksanaan, hingga sampai akhir pertanggungjawaban.

Tujuannya agar semua aturan mampu membatasi, membuat aturan yang sifatnya jangan sampai masyarakat dirugikan serta jangan sampai ada Plt atau kepala desa yang semena-mena.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri

banner 468x60)

#alokasidanadesa #danadesa #pemberdayaanmasyarakat #pemerintahandesa

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply