Rabu, Januari 27, 2021
Beranda JATIM LUMAJANG Lumajang Punya Sirkuit BMX yang Terintegrasi Obyek Wisata

Lumajang Punya Sirkuit BMX yang Terintegrasi Obyek Wisata

REPORTERUlum Subekti

KABAR RAKYAT – Atlet olah raga dan penggemar sepeda BMX di Kabupaten Lumajang, tidak lama lagi mendapatkan fasilitas sirkuit khusus untuk olah raga bicycle motocross permanen yang sekarang ini masih dalam proses pembangunan.

Menariknya lagi, sirkuit yang terintegrasi dengan objek wisata Pemandian alam Selokambang.

Sirkuit yang berada di Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang ini mempunyai lintasan yang cukup menantang dan trek yang khas BMX itu rencananya dijadikan salah satu sirkuit untuk ajang kompetisi olah raga sepeda BMX.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Lumajang Paimin saat dikomfirmasi kabarrakyat.id menjelaskan, bahwa sirkuit BMX ini menjadi usulan perencanaan Dispora Lumajang tahun 2019 kemudian ditetapkan pada ABPD tahun 2020 dan menjadi program dan kegiatan Dispora Lumajang.

Untuk anggaran pengerjaan pembangunan sirkuit BMX ini kata Paimin kurang lebih Rp. 500.000.000,- dan pengerjaan ini dilakukan dengan proses lelang.

Kaitan dengan sirkuit BMX, awal pihaknya merencanakan dan mengusulkan membuat sirkuit BMX di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) namun sayangnya aset tanah di KWT tersebut bukan milik Pemkab Lumajang tetapi milik Propensi Jawa Timur.

Kemudian, masih lanjut Paimin, pihaknya mencoba melihat lahan yang berada di Desa Purwosono tepatnya berdekatan dengan obyek wisata Pemandian Selokambang dan ternyata lokasinya memenuhi syarat.

Sesuai dengan kebijakan Bupati Lumajang, penempatan lokasi olah raga diarahkan ke obyek wisata sehingga dapat mewujudkan spot tourism.

Selain itu, Lokasi sirkuit BMX yang dekat dengan obyek wisata pemandian Selokambang sangat tepat, karena disekitaran lokasi sirkuit ini banyak atlet-atlet lokal yang tersebar diDesa Purwosono, Desa Petahunan dan Desa Sentul.

” Penempatan lokasi sirkuit di Selokambang ini sangat respentatif, karena tidak jauh dari lokasi sirkuit banyak atelt lokal sepeda BMX,” jelas Paimin Kadispora Lumajang Selasa (27/10).

Masih kata Paimin, pihaknya mendapat motivasi dari ISI Jatim ternyata di Lumajang layak dibangun sirkuit BMX, sedangkan konsep dan tata bangunannya menyerupai sirkuit BMX yang ada di kabupaten Banyuwangi.

“Mudah-mudahan sesuai dengan statmen ISI Jawa Timur bahwa BMX dilumajang maju pesat karena lokasinya berada ditengah-tengah antara Surabaya dan Banyuwangi,” imbuhnya.

Terkait dengan luasan sirkuit BMX yang sedang dikerjakan ini bisa masuk kategori kelas nasional dan jika nantinya ada atlet dari pihak asing yang mengikuti kompetisi disirkuit ini, tidak menutup kemunghkinan sirkuit BMX Lumajang menjadi sirkuit kelas Internasional.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca