Saturday, October 24, 2020
Home BERITA Mahasiswa IPB Temukan Inovasi Probiotik Alami Ayam Pedaging

Mahasiswa IPB Temukan Inovasi Probiotik Alami Ayam Pedaging

- Advertisement -

Samudera Budi Kusuma (FKH 2014), Nur Wicaksana Putra (FKH 2014), dan Utami Idha Pangesti (FKH 2015)

KABARRAKYAT.ID – Peternakan ayam pedaging di Indonesia merupakan komoditi ternak yang sangat maju dan pesat perkembangannya. Dalam pembuatan pakan unggas, penambahan feed additive bertujuan untuk meningkatkan fungsi pencernaan, sehingga dapat meningkatkan performa dan kesehatan ayam pedaging.

Feed additive yang selama ini paling sering digunakan adalah antibiotik. Pemberian antibiotik secara terus menerus pada ternak unggas berisiko menimbulkan resistensi mikroba dan residu antibiotik. Masalah resistensi dan residu dapat menganggu kesehatan bagi masyarakat yang mengomsumsi daging dan telur ayam tersebut.

Menanggapi masalah tersebut, tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat probiotik sebagai pengganti antibiotic growth promotor untuk ayam pedaging. Ketiga mahasiswa itu adalah Samudera Budi Kusuma (FKH 2014), Nur Wicaksana Putra (FKH 2014), dan Utami Idha Pangesti (FKH 2015).

Mahasiswa IPB_Bogor (1)
Mahasiswa IPB, pembuatan pakan unggas

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) 2018 mereka membuat Lactobiochick (Lactobacillus for chicken) yang dapat meningkatkan kesehatan dan memacu pertumbuhan ayam pedaging tanpa AGP.

Lactobiochick dibuat dari fermentasi kombinasi limbah air kelapa yang berasal dari pasar tradisional, limbah ingesta rumen domba yang berasal dari rumah potong hewan ruminansia (RPH-R), dan kunyit.

“Air kelapa masih mengandung glukosa dan mineral yang berpotensi sebagai bahan prebiotik, sedangkan sumber bakteri untuk sediaan probiotik yang digunakan adalah dari ingesta rumen domba,” tutur Samudera sebagai Ketua Tim.

Ketiga bahan tersebut dicampur dan disimpan di dalam wadah yang tertutut. Setelah dibiarkan selama minimal satu minggu, Lactobiochick dapat dipanen. Lactobiochick diaplikasikan ke dalam air minum ayam pedaging dengan konsentrasi 1% atau 10 mL per liter air minum yang diberikan. Lactobiochick merupakan pemacu tumbuh yang aman, bebas residu, dan murah.Samudera berharap Lactobiochick temuan mereka dapat digunakan oleh peternak ayam pedagingsebagai pengganti AGP. (*)

Ditulis: Utami Idha Pangesti / Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor //

Email: uidhap@gmail.com

Publiser: Coi/Choiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER